STUDI ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DISLEKSIA DALAM KETERAMPILAN MEMBACA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM JARAK KULON JOGOROTO JOMBANG

Penulis

  • Siti Asiah Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Imam Mutaqin Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Nurul Maghfiroh Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang

Kata Kunci:

Kemampuan Kognitif, Disleksia, Keterampilan Membaca

Abstrak

Abstrak: Anak berkebutuhan khusus memiliki karakteristik yang biasanya berkaitan dengan tingkat perkembangan fungsional. Hah-hal tersebut meliputi tingkat perkembangan sensor motorik, pengetahuan kognitif, kemampuan
berbahasa, keterampilan dan kemampuan berinteraksi sosial. Para ahli sains
kognitif sepakat bahwa hubungan antara belajar, memori, dan pengetahuan sangat erat dan tidak mungkin dipisahkan. Memori merupakan keseluruhan pengalaman masa lampau yang dapat diingat kembali. Membaca merupakan hal penting bagi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran di sekolah. kemampuan membaca merupakan dasar untuk menguasai sejumlah pengetahuan atau bidang studi yang harus di pelajari anak sekolah. sedangkan kesulitan membaca pada kelas awal akan berdampak pada kesulitan belajar selanjutnya. Kesulitan membaca terjadi karena gangguan perkembangan fungsional dari aspek kemampuan kognitif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan kognitif anak disleksia dalam keterampilan membaca di MI Miftahul Ulum Jarak Kulon Jogoroto Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berjenis studi kasus. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes praktik membaca. Hasil penelitian diketahui bahwa pada anak yang mengalami kesulitan membaca (Disleksia), disebabkan oleh gangguan pada aspek perkembangan kognitifnya yakni pada aspek perkembangan memori, persepsi, dan bahasanya, sehingga keterampilan membaca yang dicapai oleh anak yang mengalami kesulitan membaca (Disleksia) cenderung lebih rendah dibandingkan teman seusianya. Hal ini disebabkan karena aspek keterampilan membacanya berada paling rendah, aspek-aspek membaca meliputi sulit mengenali huruf, membunyikan kosa kata dan kesulitan dalam memaknai, memahami sebuah kalimat.

Diterbitkan

2022-03-14

Terbitan

Bagian

Artikel