PENTINGNYA SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN TERHADAP KEMANDIRIAN SANTRI DALAM BELAJAR DI ASRAMA AR ROMMEL PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM PETERONGAN JOMBANG

Penulis

  • Farzi Alif Effendi Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Ali Muhsin Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang

Kata Kunci:

Sistem Pendidikan Pesantren, Kemandirian Santri Dalam Belajar

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pentingnya Sistem Pendidikan Pesantren Terhadap Kemandirian Santri Dalam Belajar Di Asrama Ar Rommel Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Peterongan Jombang\. Penelitiani bertujuan untuk mengetahui informasi sistem pendidikan pesantren yang ada di Asrama Ar Rommel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif,). Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Wujud sistem pendidikan pesantren di Asrama Ar Rommel yaitu Bimbingan baca kitab kuning, Hafalan (fasholatan, istighosah, dan surat-surat yang didalam Al Qur’an), membaca Al Qur’an. (2) Hambatan atau kendala sistem pendidikan pesantren di Asrama Ar Rommel yaitu santri yang terlambat ketika mau memasuki proses belajar mengajar, kemudian guru (asatidz) yang tidak bisa mengikuti kegiatan mengajar karena ada acara pribadi, (3) kemandirian santri tidak hanya dinilai dari belajarnya saja, akan tetapi dalam hal jiwa kemandirian termasuk kategori kemandirian seperti menambah percaya diri (4) Dampak keberhasilan sistem pendidikan pesantren di Asrama Ar Rommel yaitu santri lebih bertanggung jawab dan terjalin kebersamaan, guru (asatidz) lebih tepat waktu.

Diterbitkan

2022-03-14

Terbitan

Bagian

Artikel