PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN SIKAP RELIGIUSITAS SISWA (Studi di SMP Unggulan Al-Ittihad Rejoslamet Mojowarno Jombang)

Penulis

  • M Zidni Nuron A’la Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Mukhlisin Muklisin Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang

Kata Kunci:

guru pendidikan agama islam, sikap religiusitas

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan sikap religiusitas siswa di SMP Unggulan Al-Ittihad Rejoslamet Mojowarno, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang berdasarkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sikap religiusitas ini sangat penting bagi seorang siswa karena sikap religiuslah yang mana sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia terkhusus kepada peserta didik yang harus dilakukan untuk mengembangkan sikap religiusitas yang di alami siswa tersebut apabila siswa tersebut merasa kurang di dalam religiusitasnya. Menurut susilaningsih, Religiusitas atau rasa agama merupakan kristal nilai agama (religious conscience) dalam diri yang terdalam dari seseorang yang merupakan produk dari internalisasi nilai-nilai agama yang dirancang oleh lingkungannya. Seorang guru bukan hanya sekedar pemberi ilmu pengetahuan saja kepada siswanya di kelas, akan tetapi seorang guru merupakan tenaga professional yang sangat memperhatikan dalam segala aspek baik kognitif, maupun psikomotorik, dan seorang guru juga sangat berperan sekali bagi siswanya dalam segala hal mulai dari sikap, prilaku maupun keagamaan seorang siswa. Ada lima macam dimensi komitmen keberagamaan: 1. Praktik agama 2. Kayakinan 3.Pengalaman 4. Pengetahuan agama 5. Pengamalan dan Konsekuensi

Diterbitkan

2022-03-14

Terbitan

Bagian

Artikel