IMPLEMENTASI MEDIA CORONG BERHITUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Penulis

  • Indra Wardani Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
  • Asmaul Khusnah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Abstrak

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media pembelajaran Corong Berhitung sebagai upaya peningkatan hasil belajar perkalian siswa pada mata pelajaran matematika di MI Tanwirul Afkar Medali Puri Mojokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2A MI Tanwirul Afkar sebanyak 19 siswa. Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar siswa rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada pra siklus, 4 siswa tuntas dengan rata-rata 56,31 dan presentase ketuntasan 21,1%. Pada tahap siklus 1 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 72,10 dengan persestase ketuntasan 52,6% dan siklus 2 meningkat dengan persentase 94,7% dengan rata-rata 88,94, data ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media corong berhitung dapat meningkatkan hasil belajar perkalian siswa di MI Tanwirul Afkar Medali Puri Mojokerto.

Diterbitkan

2022-04-05

Terbitan

Bagian

Artikel