PENGARUH PEMBALAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERHADAP KEMAMPUAN EKSPERIMEN SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Penulis

  • Miftakhul Ilmi Suwignya Putra Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Siti Asiah Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Afis Sena Zulfa Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang

Abstrak

IPA merupakan pelajaran yang sangat menyenangkan, terlebih lagi pada pembelajaran IPA sering dikaitkan dengan kegiatan sehari-hari yang membuat siswa menjadi lebih tertarik dengan pembelajaran. Kegiatan eksperimen juga menjadi salah satu kegiatan menarik bagi siswa karena siswa terlibat secara langsung dengan materi pelajaran yang sedang disampaikan. Akan tetapi, guru sering tidak memperhatikan ada atau tidaknya pengaruh antara pembelajaran IPA dengan kegiatan eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA dengan kemampuan eksperimen siswa MI Tanwirul Afkar Puri Mojokerto. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data  menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini diketahui bahwa dari uji Anova dengan F hitung 68,574 dan tingkat signifikansi Probabilitas 0,001 0,05 maka, dapat disimpulkan bahwa model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel partisipasi Dari uji R square ditemukan nilai R square sebesar 27,4 %. Hasil uji t ditemukan bahwa t-hitung t-tabel (2,8851,717) maka H0 ditolak secara statistik adalah signifikan, dari hasil uji t nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,001 0,05) berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran IPA dengan kemampuan eksperimen siswa

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-30

Terbitan

Bagian

Artikel