IMPLEMENTASI MEDIA KANTONG BILANGAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MADRASAH IBTIDAIYAH

Penulis

  • Imam Mutaqin Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Galuh Tisna Widiati Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Suharmani Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang

Abstrak

Implementasi dalam  penelitian ini adalah bagaimana penerapan media kantong bilangan sebagai upaya meningkatkan hasil belajar kelas I pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan bersusun di MI Sabilul Huda Senden Peterongan Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus sesuai dengan model Kurt Lewin. Subjek penelitian adalah siswa kelas I  sebanyak 23 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah flow model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media kantong bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I MI Sabilul Huda Senden Peterongan  Jombang. Dapat dijelaskan pada tahap pra siklus, 5 siswa tuntas dengan rata-rata 57,8 dan prosentase ketuntasan sebanyak 21,7%. Pada tahap siklus 1 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata  72,8 dengan  persentase 65,2% dan siklus 2 juga meningkat dengan rata-rata 86,9 dengan persentase 91,3%.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-30

Terbitan

Bagian

Artikel