IMPLEMENTASI MEDIA KANTONG BILANGAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MADRASAH IBTIDAIYAH
Abstrak
Implementasi dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan media kantong bilangan sebagai upaya meningkatkan hasil belajar kelas I pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan bersusun di MI Sabilul Huda Senden Peterongan Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus sesuai dengan model Kurt Lewin. Subjek penelitian adalah siswa kelas I sebanyak 23 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah flow model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media kantong bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I MI Sabilul Huda Senden Peterongan Jombang. Dapat dijelaskan pada tahap pra siklus, 5 siswa tuntas dengan rata-rata 57,8 dan prosentase ketuntasan sebanyak 21,7%. Pada tahap siklus 1 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 72,8 dengan persentase 65,2% dan siklus 2 juga meningkat dengan rata-rata 86,9 dengan persentase 91,3%.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.