PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH TANWIRUL AFKAR PURI MOJOKERTO
Abstrak
Penelitian ini dilakukan berdasarkan kajian awal yang memberikan kemampuan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas IV yang masih rendah berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA dengan menggunakan desain penelitian PTK model Kemmis dan Mc Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Untuk teknik analisis data menggunakan flow model dengan tiga tahap yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing. Sebelum melakukan tindakan, peneliti melakukan pra siklus dan hasil pra siklus diperlukan tindakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa. Kemudian peneliti melakukan tindakan pada siklus 1 dengan persentase ketuntasan 46%, hal ini masih rendah. Peneliti melakukan siklus 2 dengan persentase ketuntasan 100% dan dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan media Pop Up Book dapat meningkatkan pemahaman konsep dibuktikan dengan nilai rata-rata pada tahap pra siklus 47,27, siklus 1 nilai rata-rata 59,54, dan siklus 2 nilai rata-rata 80.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.