IMPLEMENTASI METODE TEAM QUIZ DAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM II BENDUNGREJO JOGOROTO JOMBANG

Penulis

  • Nur Ulwiyah Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Ika Zahrotul Luthfiyah Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Umi Hasunah Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Implementasi penelitian ini adalah untuk menigkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas 4 materi sumber daya alam di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum II Bendungrejo Jogoroto Jombang. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan model Kurt Lewin. Subjek penelitian ini adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum II Bendungrejo Jogoroto Jombang jumlah 27 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Flow model. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Tahap pra siklus nilai rata-rata siswa adalah 66,11 ketuntasan hanya 13 siswa. Tahap siklus I rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 75,37 ketuntasan mencapai 20 siswa dengan persentase ketuntasan 74.07%. Tahap siklus II meningkat dengan rata-rata 88,5 ketuntasan dicapai 27 siswa dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 100%. Hasil penelitian menunjukkan metode team quiz dan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum II Bendungrejo Jogoroto Jombang.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-25

Terbitan

Bagian

Artikel