IMPLEMENTASI METODE MAKE A MATCH DAN PRAKTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH ANNASHIRIYAH NGUMPUL JOGOROTO JOMBANG

Penulis

  • Imam Mutaqin Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Nur Isnaini Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Arifin Arifin Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih. Implementasi penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas 1 materi wudhu di Madrasah Ibtidaiyah Annashiriyah Ngumpul Jogoroto Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 siklus model Kurt Lewin. Subjek penelitian ini adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah Annashiriyah Ngumpul Jogoroto Jombang dengan jumlah 22 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Flow Model. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Tahap pra siklus nilai rata-rata siswa adalah 59,40 ketuntasan siswa hanya 4. Tahap siklus 1 rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 78,68 ketuntasan siswa mencapai 15 siswa. Tahap siklus 2 meningkat dengan rata-rata 97,2 ketuntasan mencapai 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar pelajaran Fikih materi wudhu kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Annashiriyah Ngumpul Jogoroto Jombang

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-25

Terbitan

Bagian

Artikel