PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PANCASILA PINTAR (PAPANTAR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH
Abstrak
Peran media pembelajaran sangatlah penting dalam proses pembelajaran . Pembelajaran cenderung membosankan apabila guru hanya menggunakan buku paket saja. Tujuan Penelitain ini dilatar belakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa pada mata pembelajaran PPKn, sehingga peneliti mengembangkan media untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn materi simbol-simbol dan pemahaman Pancasila pada kelas 2 MI Bustanul Ulum Ngelele Jombang. Tujuannya agar siswa menjadi semangat untuk melaksanakan pembelajaran. Peneliti menggunakan penelitian R&D sebayak 2 uji coba yaitu uji coba 1 dan uji coba 2. Titik pengembangan dalam penelitian ini mencakup pada tingga aspek yang meliputi pengembangan pada bentuk lambing pancasila, pengembangan pada permainan monopili dan pengembangan pada penambahan audio. Subjek penelitihan ini adalah siswa kelas 2 sebanyak 37 siswa. Peneliti mengembangkan media Papantar kepada siswa agar siswa dapat memahami pembelajaran dan juga bermain dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Pada tahap uji coba 1 didapatkan hasil rata-rata pre test dan post test masing masing sebesar 59,7 dan 94,0 sedangkan pada uji coba 2 sebesar 91,2 dan 97,2. Berdasarkan pada uji coba 1 dan uji coba 2 dapat disimpulkan bahwa media Papantar efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi simbol-simbol dan pemahaman Pancasila kelas 2 MI
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.