PENGGUNAAN MEDIA KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA TANJUNGANOM DIWEK JOMBANG

Penulis

  • Eka Nurjanah Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Puspa Mia Widiyaningsih Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Iftitakhur Rohmah Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang

Abstrak

Penelitian ini merupakan penggunaan media kartu domino dalam proses pembelajaran bahasa Arab dan masalah dalam penelitian ini adalah siswa merasa kesulitan dalam penguasaan kosakata bahasa Arab, siswa suka bercakap-cakap dengan teman sebangkunya. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa dalam materi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan model Kurt Lewin. Subjek penelitian ini 26 siswa kelas 1B di MI Miftahul Huda Tanjunganom Diwek Jombang. Teknik analisis data menggunakan Flow model. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes tulis, tes praktik, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penguasaan kosakata pada pra siklus mendapatkan nilai penguasaan kosakata rata-rata 2,25, siklus I menjadi 3,14, dan siklus II menjadi 3,41. Hasil penelitian menunjukkan media kartu domino dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab kelas 1B MI Miftahul Huda Tanjunganom Diwek Jombang

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-25

Terbitan

Bagian

Artikel