MEMBANGUN MADRASAH INKLUSIF: UPAYA MENUJU SEKOLAH RAMAH DIVERSITAS MELALUI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Abstrak
Pendidikan inklusif merupakan sebuah pendekatan pendidikan yang menekankan pada partisipasi penuh semua peserta didik, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan belajar khusus, dalam pembelajaran di sekolah reguler. Implementasi pendidikan inklusif di MI AL-Ishlah Jepara (MI) menjadi langkah penting dalam mewujudkan sekolah yang ramah diversitas dan inklusif, di mana setiap anak dapat belajar dan berkembang secara optimal sesuai dengan potensi dan kebutuhannya masing-masing. Jurnal ini bertujuan untuk membahas tentang konsep pendidikan inklusif dan relevansinya dengan membangun sekolah ramah diversitas di MI. Jurnal ini juga akan mengkaji strategi dan langkah-langkah implementasi pendidikan inklusif di MI, serta berbagai tantangan dan peluang yang dihadapi dalam penerapannya. Pendidikan inklusif menjadi fokus penting dalam dunia pendidikan modern, bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang ramah bagi semua anak, terlepas dari latar belakang, kemampuan, dan kebutuhan mereka. Implementasi pendidikan inklusif di MI AL-Ishlah Jepara (MI) menjadi langkah krusial dalam membangun generasi yang toleran, terbuka, dan menghargai keberagaman. Penelitian ini menggunakan metodologi grounded theory untuk meneliti proses implementasi pendidikan inklusif di MI, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilannya, dan menghasilkan teori tentang bagaimana membangun sekolah ramah diversitas.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.