MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS CERITA FIKSI MELALUI METODE EKSPLORASI

Penulis

  • Eka Nurjanah Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Indra Kusuma Wardani Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Ristina Ristina Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Imam Mutaqin Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis cerita fiksi dengan menggunakan metode eksplorasi. Setelah dilakukan simulasi perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode eksplorasi, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan berdasarkan tes hasil pembelajaran yang dilakukan secara daring. Data yang diperoleh dari 30 peserta didik menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode eksplorasi dapat meningkatkan hasil belajar pada peserta didik kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan nilai hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari siklus 1 berhasil mencapai 60% dan siklus 2 mencapai 95%, maka deskripsi dari data yang di kumpulkan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksplorasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis cerita fiksi di kelas IV. Dengan demikian, metode eksplorasi merupakan salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis cerita fiksi.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-02

Terbitan

Bagian

Artikel