PENGARUH PEMBELAJARAN TUHFATUL ATHFAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SANTRI MEMBACA AL-QUR’AN ASRAMA AL-CHOLILIYAH PONDOK PESANTREN DARUL ULUM JOMBANG
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Tuhfatul Athfal di Asrama Al-Choliliyah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang, Mengetahui kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an di Asrama Al-Choliliyah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang, Mengetahui pengaruh pembelajaran Tuhfatul Athfal terhadap peningkatan santri dalam membaca Al-Qur’an di Asrama Al-Choliliyah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Adapun populasi dan sampel yaitu seluruh santri kelas VII asrama Al-Choliliyah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang yang berjumlah 30 santri. Pada penelitian ini dapat memperoleh hasil penelitian yaitu: Pembelajan Tuhfatul Athfal di Asrama Al-Choliliyah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang sudah berjalan dengan baik hal ini dapat dilihat pada hasil angket yaitu berada di kategori cukup dengan prosentase sebesar 41,6%. Kemampuan santri membaca Al-Qur’an dikategorikan cukup dengan prosentase sebesar 40%. Hasil penelitian pengaruh pembelajaran Tuhfatul Athfal terhadap kemampuan santri membaca Al-Qur’an dikategorikan relatif tinggi dengan prosentase 63,5%. Keputusan yang di ambil adaah Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh pembelajaran Tuhfatul Athfal terhadap kemampuan santri membaca Al-Qur’an Asrama Al-Choliliyah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.