PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK NUMERASI (KORASI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH

Penulis

  • Siti Asiah Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Antiyah Dwiningsih Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Afif Nur Laili Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang
  • Ali Muhsin Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru mata pelajaran Matematika kelas III MI Bustanul Ulum Johowinong Mojoagung yaitu mengenai kurangnya pemahaman siswa serta dalam proses pembelajaran hanya menggunakan media pembelajaran seadanya. Hal itulah yang menyebabkan rendahnya kemampuan numerasi siswa dan menyebabkan motivasi belajar siswa menjadi rendah karena setiap siswa mempunyai gaya belajar yang berbeda. Untuk menyelesaian permasalahan itu peneliti mengembangkan media pembelajaran yaitu media Korasi. Media Korasi membantu guru dalam menyampaikan materi perkalian serta dapat membantu siswa dalam berhitung. Peneliti mengembangkan media Korasi dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang nantinya juga akan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Korasi dinyatakan efektif dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata validasi materi sebesar 97,2%, validasi ahli desain sebesar 93,3% dan validasi guru mata pelajaran matematika sebesar 100%. Selain itu, hasil uji coba pemakaian pada uji coba I dan uji coba II juga membuktikan bahwa media Korasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini diketahui dari perolehan angket siswa dengan uji N-Gain sebesar 0,72. Respon siswa terhadap media Korasi adalah siswa senang dan termotivasi belajar khususnya pada materi perkalian dalam pelajaran matematika.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-24

Terbitan

Bagian

Artikel