IMPLEMENTASI METODE AL-WASILAH DALAM PROGRAM BIMBINGAN MEMBACA AL-QUR’AN (BMQ) SISWA KELAS IV.1 LEVEL 2 DI MIN 4 JOMBANG
Abstrak
Metode Al-Wasilah merupakan metode pembelajaran Al-Qur'an yang baru diterapkan dalam kurun waktu sekitar 2 tahun di MIN 4 Jombang, berkolaborasi dengan metode kontemporer yang menekankan pada latihan atau drill. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Al-Wasilah pada BMQ siswa kelas IV.1 level 2, yang meliputi tahap pembukaan, membaca doa belajar, membaca surah al-Insyirah, pemahaman konsep, latihan/keterampilan, dan kuis/penutup. Subjek penelitian ini yakni guru/ustadz yang mengajar BMQ di kelas IV.1 level 2 dan Waka Kurikulum di MIN 4 Jombang. Metode Penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini dilaksanakan setiap hari Senin, Selasa, dan Rabu, mulai pukul 07.00-08.10. Pelaksanaan metode Al-Wasilah memberikan keuntungan bagi siswa dalam mengenal huruf-huruf hijaiyah dan mengatur napas/tanaffus saat membaca Al-Qur'an. Adapun kendala yang dihadapi adalah beberapa siswa yang masih terbiasa dengan metode lain di rumah. Salah satu kekurangan dari pelaksanaan metode Al-Wasilah adalah waktu yang terbatas, sehingga materi yang disampaikan mungkin belum mencukupi secara mendalam. Meskipun demikian, penelitian ini memberikan wawasan penting tentang efektivitas dan kendala dari penerapan metode Al-Wasilah dalam BMQ. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan untuk pengembangan metode pembelajaran Al-Qur'an di masa depan, terutama di MIN 4 Jombang
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.