https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/issue/feedJurnal Pendidikan Dasar Islam2024-12-24T23:15:12+00:00Imam Mutaqinjpdi@fai.unipdu.ac.idOpen Journal Systems<div style="text-align: justify;"> <p>Jurnal Pendidikan Dasar Islam adalah jurnal ilmiah berkala sebagai media desiminasi hasil kerja akademik para peneliti, dosen dan penulis. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah konsepsional dan hasil penelitian pendidikan dasar Islam dan kajian-kajian pendidikan lain. Terbit berkala setiap bulan April dan Oktober. Jurnal Pendidikan Dasar Islam diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang.</p> <div> </div> </div>https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/5275PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK PILAH KALI BAGI (KOLAH KALIGI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH2024-12-23T08:39:25+00:00Miftakhul Ilmi Suwignya Putramiftah.ilmi@fai.unipdu.ac.idAllisa Qothtrun Nadaallisanada16@gmail.comIndra Kusuma Wardaniindrakusumawardani@mipa.unipdu.ac.id<p>Media Kolah Kaligi berfungsi untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan memudahkan siswa dalam memahami materi tentang perkalian dan pembagian. Penelitian ini merupakan penelitian <em>Research and Development</em> dengan melakukan pengembangan media dan uji validitas pada para ahli. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Implementasi media dilakukan pada siswa kelas II MI dengan menganalisis keefektifan penggunaan media Kolah Kaligi dalam pembelajaran Matematika. Untuk uji kevalidan dilakukan oleh tiga validator, validator pertama dengan persentase 97% kategori “sangat valid”, validator kedua dengan persentase 91% kategori “sangat valid”, sedangkan validator ketiga dengan persentase 86% kategori “sangat valid”. Berdasarkan hasil uji coba I dan uji coba II dapat disimpulkan bahwa media Kolah Kaligi valid dan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II MI dalam materi perkalian dan pembagian dibuktikan dengan nilai NGain sebesar 0,72 kategori “tinggi”. Adapun penilaian dari respon peserta didik dengan persentase 88, 75% kategori “sangat positif”.</p>2024-10-25T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/5277ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DENGAN TEORI MODEL EVALUASI CIPP PADA MATA PELAJARAN IPAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jombang)2024-12-23T08:46:16+00:00Imam Mutaqinimammutaqin@fai.unipdu.ac.idPojawati Pattisahusiwapojapattisahusiwa@gmail.comEka Nurjanahekanurjanah@fai.unipdu.ac.idGaluh Tisna Widianagaluhtisna@fai.unipdu.ac.id<p>Kurikulum Merdeka menjadi pembelajaran baru yang belum banyak diimpementasikan di Madrasah Ibtidaiyah (MI), namun ada beberapa MI yang sudah menerapkannya, seperti di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Jombang.. Untuk itu, penelitian ini bertujuan mengevaluasi keberhasilan penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran IPAS di kelas IV. Teori yang digunakan untuk mengevaluasi implementasi kurikulum ialah teori evaluasi model CIPP Stufflebeam. Penelitian ini mengumpulkan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasilnya, evaluasi konteks menemukan Kurikulum Merdeka sesuai dengan kebutuhan dan tujuan MIN 4 Jombang. Evaluasi input menemukan sumber daya seperti modul ajar, buku teks, video edukasi, dan teknologi pembelajaran yang digunakan sudah memadai untuk mendukung pembelajaran yang efektif. Evaluasi proses, implementasi pembelajaran berjalan dengan baik berkat perencanaan yang matang, dukungan sumber daya yang memadai, dan metode pembelajaran yang interaktif. Evaluasi produk menunjukkan peningkatan partisipasi aktif, disiplin, tanggung jawab siswa selama proses pembelajaran.</p>2024-12-24T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/5278PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK BAGIAN TUMBUHAN (TAGIHAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH2024-12-23T09:01:04+00:00Nur Ulwiyahnurulwiyah@fai.unipdu.ac.idNur Rohmatus Sa’idahnurrohmatus24@gmail.comZaimuddin Wijaya As’adzaimuddin.asad.2@gmail.comUmi Hasunahumihasunah@fai.unipdu.ac.id<p>Media Kotak Bagian Tumbuhan (Tagihan) berfungsi untuk membantu guru menyampaikan ilmu pengetahuan. Tujuan pengembangan media Tagihan ini adalah untuk mengkongkritkan pemahaman dari materi yang disampaikan dan dapat lebih mudah memahami materi tentang bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya. Penelitian ini merupakan penelitian <em>Research</em> <em>and</em> <em>Devolopment</em> dengan melakukan pengembangan media dan uji validitas pada para ahli. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes, dan angket. Implementasi media dilakukan pada siswa kelas IV MI dengan analisis keefektifan penggunaan media Kotak Bagian Tumbuhan (Tagihan) dalam pembelajaran IPAS. Pada tahap uji coba pertama pemakaian media diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 52,22 dan posttest sebesar 63,33. Pada uji coba kedua diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 70 dan posttest 86,11. Berdasarkan hasil uji coba I dan II dapat disimpulkan bahwa media Kotak Bagian Tumbuhan (Tagihan) valid dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI dalam materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.</p>2024-12-24T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/5279PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK NUMERASI (KORASI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH2024-12-23T09:06:24+00:00Siti Asiahsitiasiah@fai.unipdu.ac.idAntiyah Dwiningsiha.dwiningsih@unipdu.ac.idAfif Nur Lailiafifnurlaili889@gmail.comAli Muhsinalimuhsin@fai.unipdu.ac.id<p>Berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru mata pelajaran Matematika kelas III MI Bustanul Ulum Johowinong Mojoagung yaitu mengenai kurangnya pemahaman siswa serta dalam proses pembelajaran hanya menggunakan media pembelajaran seadanya. Hal itulah yang menyebabkan rendahnya kemampuan numerasi siswa dan menyebabkan motivasi belajar siswa menjadi rendah karena setiap siswa mempunyai gaya belajar yang berbeda. Untuk menyelesaian permasalahan itu peneliti mengembangkan media pembelajaran yaitu media Korasi. Media Korasi membantu guru dalam menyampaikan materi perkalian serta dapat membantu siswa dalam berhitung. Peneliti mengembangkan media Korasi dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang nantinya juga akan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Korasi dinyatakan efektif dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata validasi materi sebesar 97,2%, validasi ahli desain sebesar 93,3% dan validasi guru mata pelajaran matematika sebesar 100%. Selain itu, hasil uji coba pemakaian pada uji coba I dan uji coba II juga membuktikan bahwa media Korasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini diketahui dari perolehan angket siswa dengan uji N-Gain sebesar 0,72. Respon siswa terhadap media Korasi adalah siswa senang dan termotivasi belajar khususnya pada materi perkalian dalam pelajaran matematika.</p>2024-12-24T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/5298PENGARUH PENANAMAN NILAI-NILAI AKIDAH DALAM PEMBELAJARAN KITAB AQIDAH AL-AWAM TERHADAP PERILAKU MURID KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH UNGGULAN AN-NUR KAUMAN MANCAR PETERONGAN JOMBANG2024-12-24T02:49:07+00:00Arifin Arifinarifin@staf.unipdu.ac.idAinaul Mardliyahainaulmardliyah@fai.unipdu.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Penanaman Nilai-Nilai Akidah dalam pembelajaran Kitab Aqidah Al-Awam Terhadap Perilaku Murid Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan An-Nur Kauman Mancar Peterongan Jombang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan regresi linier sederhana, melibatkan 44 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai akidah dalam pembelajaran Kitab Aqidah Al-Awam secara signifikan berpengaruh positif terhadap perilaku murid, termasuk dalam aspek kedisiplinan, tanggung jawab dan kejujuran. Dengan adanya pengajaran yang terstruktur dan dukungan lingkungan, siswa mampu menginternalisasi nilai-nilai akidah dengan baik. Penelitian ini mengindikasikan pentingnya integrasi nilai-nilai akidah dalam proses pendidikan untuk membentuk karakter siswa yang lebih baik, sehingga hasilnya dapat menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum di madrasah dan lembaga pendidikan Islam lainnya</p>2024-12-24T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/5282IMPLEMENTASI METODE AL-WASILAH DALAM PROGRAM BIMBINGAN MEMBACA AL-QUR’AN (BMQ) SISWA KELAS IV.1 LEVEL 2 DI MIN 4 JOMBANG2024-12-23T09:27:11+00:00Lilik Maftuhatinlilikmaftuhatin@fai.unipdu.ac.idMuch. Rizky Effendirizkymuhren@gmail.comPuspa Mia Widiyaningsihpuspamiawidiyaningsih@fai.unipdu.ac.id<p>Metode Al-Wasilah merupakan metode pembelajaran Al-Qur'an yang baru diterapkan dalam kurun waktu sekitar 2 tahun di MIN 4 Jombang, berkolaborasi dengan metode kontemporer yang menekankan pada latihan atau drill. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Al-Wasilah pada BMQ siswa kelas IV.1 level 2, yang meliputi tahap pembukaan, membaca doa belajar, membaca surah al-Insyirah, pemahaman konsep, latihan/keterampilan, dan kuis/penutup. Subjek penelitian ini yakni guru/ustadz yang mengajar BMQ di kelas IV.1 level 2 dan Waka Kurikulum di MIN 4 Jombang. Metode Penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini dilaksanakan setiap hari Senin, Selasa, dan Rabu, mulai pukul 07.00-08.10. Pelaksanaan metode Al-Wasilah memberikan keuntungan bagi siswa dalam mengenal huruf-huruf hijaiyah dan mengatur napas/tanaffus saat membaca Al-Qur'an. Adapun kendala yang dihadapi adalah beberapa siswa yang masih terbiasa dengan metode lain di rumah. Salah satu kekurangan dari pelaksanaan metode Al-Wasilah adalah waktu yang terbatas, sehingga materi yang disampaikan mungkin belum mencukupi secara mendalam. Meskipun demikian, penelitian ini memberikan wawasan penting tentang efektivitas dan kendala dari penerapan metode Al-Wasilah dalam BMQ. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan untuk pengembangan metode pembelajaran Al-Qur'an di masa depan, terutama di MIN 4 Jombang</p>2024-12-24T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024