PENGUASAAN KONSEP MATERI MOMENTUM DAN IMPULS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN INTERACTIVE PHYSICS MAGAZINE

Authors

  • Suci Prihatiningtyas Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
  • Kartika Wulandari Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
  • Novia Ayu Sekar Pertiwi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
  • Anis Nurfaida Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang

Keywords:

Discovery learning, Interactive Physics Magazine, Penguasaan Konsep, Momentum dan Impuls

Abstract

Pelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Discovery Learning berbantuan Interactive Physics Magazine Momentum dan Impuls terhadap Penguasaan Konsep Fisika, dan mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan media pembelajaran terhadap penguasaan konsep. Rancangan pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimen dengan desain perlakuan ulang (one group pretest and posttest design). Instrumen penelitian yang digunakan berupa studi pustaka, tes, angket, observasi, dokumentasi. Analisis data menggunakan uji instrumen meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t-Paired Two Sample for Means.  Hasilnya t tabel yaitu 2,04523 dengan p value sebesar 0,0000000000575. Oleh karena  p value lebih kecil dari alfa 5% atau dengan melihat |t hitung| > t tabel maka keputusannya Tolak H0. Jika Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penguasaan konsep sebelum dan sesudah diterapkannya discovery learning berbantuan interactive physics magazine. Penguasaan konsep peserta didik setelah pembelajaran melalui model discovery learning dengan media interactive physics magazine materi momentum dan impuls meningkat sebanyak 0,47 yang termasuk kategori sedang

Published

2021-09-12

Issue

Section

Artikel