Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ta?f?? al-Qur’?n: Studi Kasus di Asrama XI Putri Muzamzamah-Chosyi’ah Rejoso Jombang
Kata Kunci:
pendidikan karakter, ta?f?? al-Qur’?n.Abstrak
Pendidikan karakter sangat penting untuk dipraktikkan yaitu adanya tindakan yang tidak di inginkan terjadi pada santriwati Muzamzamah-Chosyi’ah diantaranya moral remaja dari tahun ke tahun terus mengalami degradasi kualitas dalam segala aspek moral: tutur kata, ketawa, bicara sangat keras, perilaku, sikap, berpakaian, hijab, dan kejahatan terhadap teman,. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana nilai pendidikan karakter,proses pelaksanaan pembelajaran, faktor-faktor yang menghambat dan yang mendukung dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan ta?f?? al-Qur’?n . di Asrama Putri XI Muzamzamah-Chosyi’ah. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian teknik analisisdata,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter, proses pelaksanaan pembelajaran dalam progam ta?f?? dengan metode yang bervariasi, memberikan motivasi, keteladanan melalui metode cerita sehingga santri merasa nyaman dan mudah untuk menerima ilmu yang di sampaikan oleh ustazah. Santri akan mengikuti semua arahan ustazah demi kebaikan untuk dirinya.Referensi
Abdullah, Abdurrahman Saleh. 1990. Teori Pendidikan Menurut Alquran. Terj.Arifindan Zainud din. Jakarta: Rineka Cipta.
Alawiyah Wahid, Wiwi. 2014. Cara Cepat Bisa Menghafal Alquran. Jogjakarta: DIVA Press.
Alquran,dan terjemahannya. 1989. Diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Karya Toha Putra. Semarang : Karya Toha Putra.
Al-Wasilah, A Chaedar. 2002. Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif.Jakarta : PT Dunia Pustaka Jaya.
Asmani, Jamal Ma’mur 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.
As-Sirjani, Raghib. 2009. Mukjizat Menghafal Alquran. Jakarta: Zikrul.
Bahresi, Salim .1987. Terjemah Riyadh al- salihin. Bandung: PT Al-Ma’arif.
Dhofier, Zamakhsyari. 1983. Tradisi Pesantren Jakarta: LP3ES.
Faruq, Umar 2015.Ayo Mondok Biar Keren. lamongan: Combi Prima Grafika.
Firdaus, Jannatul. 2013. “Pengaruh Karakter Siswa Terhadap Perkembangan Intelektual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam VIII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Peterongan Jombang. Skripsi. Fakultas Agama Islam UNIPDU, Jombang.
Laelah, Rohmatul. 2016. Upaya Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Di MI Ma’arif Bego Sleman. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. UINSUKA, Yogyakarta.
Lichona, Thomas. 2012. Education For Character. Bandung : Bumi Aksara.
Majid, Abdul. 2012. Pendidikan karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong,J. Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif .Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mu’in, Fatchul. 2011. Metode Pendidikan Karakter Kontruksi teoritik dan Praktik. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyasa. 2012. ManajemenPendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Munauwaroh, Umrotul. 2015. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari dan Thomas Lickona.Skripsi. Fakultas Agama Islam UNIPDU, Jombang.
Murdalis. 2018. Metode penelitian “Suatu Pendekatan Proposal”. Jakarta: Bumi Aksara.
Musfiro,Tadkiroatun. 2008.Pengembangan Karakter Anak Melalui Pendidikan Karakter. Arismantoro (Peny.) Tinjauan Berbagai Aspek Character Building. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Nawani, Syauqi Rif’at. 2014. Kepribadian Qur’ani. Ciputat : Amzah.
Poerwadarminta.2006. Kamus Umum bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Purwati, Eni dkk. 2012. Pendidikan Karakter. Surabaya: Kopertais IV Press.
Rianto,Yatim. 2001. Metode Penelitian pendidikan. Surabaya: SIC.
Salim, Moh. Haitami, Syamsul Kurniawan,2012. Studi Ilmu Pendidikan Islam. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Samani, Mukhlas Hariyanto. 2013. Konsep dan Metode Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono.2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Surakhamad,Winarto.1990.Pengantar Penelitian penelitian Ilmiah.Bandung: Tarsito
Tim Penyusun MKD Iain Sunan Ampel Surabaya.2012.Studi Alquran.Surabaya: IAIN SA Press.
Zubaedi. 2012. Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.