Peran Pengasuh Pondok Pesantren dalam Aktifitas Menghafal Alquran di Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Imam Ghozali Peterongan Jombang

Penulis

  • Hikmatud Diniyah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Agus Mahfudin Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang

Kata Kunci:

peran pengasuh, menghafal, Tahfizul Qur’an.

Abstrak

Dalam menghafal al Qur’an sangat dibutuhkan kesungguhan dan keseriusan bagi yang ingin menghafalnya,hal tersebut sangat sulit dicapai tanpa adanya seseorang yang membimbingnya. Dalam hal ini  Peran pengasuh sangat penting bagi para santri yang mengemban ilmu di pondok pesantren, terlebih pada pondok pesantren yang khusus menagani masalah hafalan al qur’an karena mereka membutuhkan bimbingan yang ekstra dalam menghafal, seperti halnya Peran Pengasuh Pondok Pesantren Dalam Aktifitas Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Imam Ghozali Peterongan Jombang, berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pengasuh, aktifitas menghafal, kendala dalam aktifitas menghafal. Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara serta tehnik analisis data secara kualitataif. Hasil penelitian menunujukkan bahwa peran pengasuh di Pondok Pesantren Imam Ghozali Rejoso sangat aktif, teliti dan  tegas dalam membentuk hafalan santri yang berkualitas.Sehingga para santri dapat memaksimalkan kegiatan menghafal al Qur’an dengan baik.

Referensi

Abbas M. Ziyad , 2001, Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Menghafal, Jakarta: Diva Prees.

Anwar, Desi. 2011. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Karya Abdi

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Channa, Liliek. 2010.Ulum Al-Qur’an Dan Pembelajaran .Surabaya: Kopertais IV Press.

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan RI. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: BalaiPustaka.

Fajriyah, Emi. 2012. Implementasi Metode Ayat Perayat Dalam Menghafal Al-Qur’an Pada Santri Di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Bendungrejo Jogoroto. Skripsi, Univesitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang.

Fardiansyah Dani. 2008. Filsafat Ilmu Komunikasi , Indeks: Jakarta

Hambali. 2013. Cinta Al-Qur’an Para Hafizh Cilik, Najah : Jogjakarta

Hoghugi, 2006. Pengasuhan Orang Tua Terhadap Anak, Jakarta : Pustaka Pelajar.

J. Moleong, Lexy. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Khosim, Ali Lukman Hakim. 2015. Metode Ilham Menghafal Al-Qur’an.: Bandung: Humaniora- Anggota Ikapi.

Madjid Nurcholis, 1997. Bilik bilik pesantren, sebuah potret perjalanan, Jakarta: Paramadina.

Miss,Waenalai Kadaria. 2009. Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an. di Ma’had Nahdhatul Ulum Yala Thailand Selatan.: Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mudzakir. 2014. Studi Ilmu-Ilmu Qur’an. Jakarta: PT Pustaka Litera Antarnusa.

Nawawudin, Abdurrab.1991. Teknik Menghafal Al-Qur’an. Bandung: Sinar Baru.

Rauf, Abdul Aziz .2004. Kiat Sukses Menjadi Hafiz Qur’an Da’iyah. Bandung: PT Syaamil Media.

Sujarweni, Wiratna. 2002.Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sumadi, Surya Brata. 1998. Psikologipendidikan. Jakarta: PT Raja Grafinda Persada.Tama.

Wahid, Wiwi Alawiyah. 2014. Cara Cepat Bisa Menghafal Al-qur’an. Banguntapan: Jogjakarta.

Widagda, Ahmad Rony Suryo. 2010. Metode Pembelajaran Al-qur’an Kelas III di SDIT Salsabila .Jentis Bantul Yogyakarta.

Yunus, Muhammad. 1973. Kamus Arab Indonesia. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penerjemah Al-Qur’an.

Unduhan

Diterbitkan

2017-06-01

Terbitan

Bagian

Artikel