Pengaruh Pemahaman Materi Ke-Darul-Ulum-an Terhadap Peningkatan Akhlak Mahasiswa Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang Tahun Akademik 2016-2017

Penulis

  • Rosita Fajarwati Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Andik Wahyun Muqoyyidin Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang

Kata Kunci:

materi, ke-Darul-Ulum-an, akhlak.

Abstrak

Banyak faktor yang mempengaruhi akhlak mahasiswa, di antaranya materi pelajaran yang diberikan oleh dosen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pemaham materi kedarululuman, peningkatan akhlak serta pengaruh materi Ke-Darul-Ulum-an terhadap peningkatan akhlak mahasiswa semester II Prodi Pendidikan Agama Islam Unipdu Jombang tahun akademik 2016/2017. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan angket.Teknik analisis menggunakan rumus prosentase dan analisis regresi, sampel penelitian 40 responden. Prosentase pemahaman materi kedarululuman 76,29%. Hasil peningkatan akhlak 89,7%. Hasil analisis data regresi linier sederhana diperoleh = 0,878 untuk taraf kesalahan ditetapkan 5%. Jika N = 40, maka r tabel = 0,312. Karena jika nilai sig (p. Value) > 0,05 maka H0 diterima dan Ha ditolak. Dapat disimpulkan tidak terdapat Pengaruh Pemahaman Materi Ke-Darul-Ulum-an terhadap Peningkatan Akhlak Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam FakultasAgama Islam Unipdu Jombang Tahun Akademik 2016/2017.kurangnya respon dan perhatian mahasiswa terhadap materi ke-Darul-Ulum-an, dan tidak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Referensi

A Mustofa , Akhlak Tasawuf , Bandung: Pustaka Setia, 2007.

Ali Zainuddin , Pendidikan Agama Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2008

Aminuddin, Pendidikan Agama Islam,Bogor: Ghalia Indonesia, 2005

Arikunto Suharimi, Prosedur Penelitian Suatu PendekatanPraktik, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.

Faisal Sanapiah, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1982.

Hamzah Tauleka, Akhlak Tasawuf , Surabaya :IAIN SA Press, 2012.

Katimun, Strategi Meningkatkan Kualitas Pembinaan Akhlak Peserta Didik di Madrasah Aliyah Unggulan Darul ‘Ulum Peterongan Jombang, Penelitian, Unipdu Jombang, 2010.

Majlis Pimpinan Pondok Pesantren Darul Ulum, Sejarah Singkat Pondok Pesantren Darul Ulum, Rejoso Jombang, 2011

Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2007.

Muliyanin,Pengaruh Kualitas Tenaga Pendidik Terhadap Akhlak Anak Didik di Madrasah Diniyah Al Anwar Paculgowang Diwek Jombang, Penelitian, Unipdu Jombang, 2010.

Pribadi Rohmad, Pengaruh Penggunaan Bahasa Jawa Krama terhadap Akhlak Orang Tua, Penelitian, Unipdu Jombang, 2010.

Purwanto, Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Rosidah Ria , wawancara,jombang, 14 mei 2017.

Subana, Moersetyo Rahadi, dkk, Statistik Pendidikan, Cet II, Bandung: Pustaka Setia, 2005.

Sugiono, Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2011.

Tanzeh Ahmad, Metodologi Penelitian Praktis ,Yogyakarta: Teras, 2011.

Tim Penyusun Mata Kuliah Tri Sula, Bahan Ajar Mata Kuliah Tri Sula, Jombang: Universitas Darul ‘Ulum, 1986.

Unduhan

Diterbitkan

2017-06-01

Terbitan

Bagian

Artikel