Persepsi Peserta Didik Terhadap Guru PAI Ideal di SMP Islam Al-Islah Trowulan Mojokerto

Penulis

  • Maratus Sholihah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Mochamad Samsukadi Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang

Kata Kunci:

persepsi, guru pendidikan agama Islam, ideal.

Abstrak

Guru merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam pendidikan. Adanya inovasi pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia yang dihasilkan dari upaya pendidikan harus bermuara pada guru. Hal ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya peran guru dalam dunia pendidikan.  Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi peserta  didik terhadap guru PAI yang ideal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif  yang didukung dengan angket. Hasil yang diperoleh merupakan hasil dari data deskriptif.  Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode observasi, interview, dokumentasi, dan angket. Dan yang dipakai untuk menganalisis dari angket adalah dengan menggunakan tehnik presentase. Dari penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa dalam proses belajar mengajar pendidikan agama Islam diperlukan guru PAI  yang ideal, peserta didik  salah satu unsur pokok yang paling berkepentingan didalam interaksi pendidikan. Persepsi peserta didik sangat mendukung dan membantu untuk menjadikan kualitas dan mutu guru PAI lebih berkompeten.

Referensi

Djamarah, Syaiful bahri. 2010. Guru & Anak Didik dalam Interaksi Edukatif . Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Atkinson, Rita L. Pengantar Psikologi. Batam Centre: Interaksara.

Salim, Moh Haitami. 2012. Studi Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahmad, Jalaludin. 1984. Psikologi Umum. Bandung: Alumni Bandung.

Unduhan

Diterbitkan

2017-06-01

Terbitan

Bagian

Artikel