Pengaruh Frekuensi Mengakses Media dalam Jaringan terhadap Motivasi dalam Membaca Buku Pelajaran Fiqih Siswa di SMK Telkom

Penulis

  • Abdullah Rikza
  • Afifah Afifah

Kata Kunci:

hubungan, mengakses media dalam jaringan, motivasi membaca pelajaran fiqih.

Abstrak

Pada saat ini banyak sekolah mengalami berbagai bentuk perubahan dalam penyajian materi pelajaran, dari yang awalnya berupa  bentuk buku cetak sampai berkembanglah teknologi yang memadai untuk para siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh frekuensi mengakses media dalam jaringan terhadap motivasi membaca buku pelajaran fiqih siswa sekolah SMK Telkom Peterongan Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dokumentasi dan angket. Teknik analisis penelitian ini menggunakan rumus prosentase dan rumus SPSS product moment. Dari data penelitian dapat diketahui prosentase frekuensi mengakses media dalam jaringan sebesar 99%. Sedangkan motivasi membaca buku pelajaran sebesar 98%. Hasil analisis product moment yaitu t hitung = 0.56 dan t tabel = 0,1779 ternyata t hitung lebih besar dari t tabel, sig. hitung = 0.56 lebih besar dari 0.05 artinya HO ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan:”terdapat pengaruh frekuensi mengakses media dalam jaringan terhadap motivasi membaca buku pelajaran fiqih siswa sekolah SMK Telkom Peterongan Jombang. Dengan adanya media dalam jaring dapat mendukung tercapainya motivasi membaca pelajaran fiqih siswa. Pada media dalam jaringan bertujuan agar siswa mendapatkan wawasan ilmu yang lebih luas  serta siswa dapat mengamalkan pelajaran fiqih pada diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Referensi

Andriana, Susan, Ulfa. Hubungan Antara Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Mata Pelajaran Fiqih (Studi Kasus Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah I Boyolali), Boyolali: Skripsi, 2010.

Arsyad, A. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

Bakry, Nazar. 1998. Fiqih Dan Ushul Fiqih. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada).

Charunyawan. Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Informasi dan Teknologi (IT)Terhadap Peningkatan Prestasi Hasil Belajar Siswa Bidang Studi PAI di SMA Darul Ulum 3 Peterongan, Jombang: Skripsi, 2011.

Diknas. Kurikulum KTSP 2008. Surabaya: 2008.

Farida, Nur, Umi, Pengaruh Intensitas Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Al-Dloruriyah, Jombang: Skripsi, 2016.

Furchan, Arief. tt. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, Surabaya.

Hadi, Sutrisno, Metodologi Reserch Jilid II, Yogyakarta: Andi Offset, 1991.

Haroen, Nasroen. Ushul Fiqih. Jakarta: Logos, 2001.

Karwati, Euis. Manajemen Kelas (Classroom Management) Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan dan Berprestasi, Bandung: Alvabeta. 2014.

Muhaimin. Strategi Belajar Mengajar. (Surabaya: Citra Anak Bangsa, 1996.

Muhim, A. Analisis Statistik. Sidoarjo: Zifatama, 2012.

Muhson, Ali. Perkembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Yogyakarta: Jurnal, 2010.

Nasution, MAH. “Meningkatkan Motivasi Membaca”, (Reposisitory.Uinsu.ac.id), Diakses pada tanggal 11 April 2017.

Rahim, Farida. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Rozak, Abdul. Pengantar Statistika, Malang:Intimedia, 2012.

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: tp., 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ttp: tt.

Sutikno, Sobry. Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Pemahaman Konsep Umum & Islami. Bandung: Refika Aditama, 2014.

Wijianti, Mega, Dwi. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Stanawiyah Syafi’iyah Pulorejo Ngoro Jombang. Jombang. Skripsi. Unipdu, 2016.

Ibra. https://1nuy4s4.wordpress.com/pengertian-jaringan-komputer/. Diakses pada tanggal 26 Desember 2016.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, http://kbbi.web.id/membaca, diakses pada tanggal 3 Januari 2017.

Rahmat, Abdul. http://www.pintarkomputer.org/2015/10/pengertian-komunikasi-dalam-jaringan-daring.html. Diakses pada tanggal 26 Desember 2016.

Qusairy. Wawancara. SMK Telkom Darul Ulum Peterongan Jombang. Jombang: 13 Mei 2017.

Diterbitkan

2018-06-08

Terbitan

Bagian

Artikel