Tugas dan Fungsi Kepemimpinan Kepala Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah
Kata Kunci:
Pengelolaan, Madrasah, Program, Pendidikan Islam.Abstrak
Pada pengelolaan lembaga pendidikan, kepala madrasah mempunyai tugas dan tanggung jawab yang harus dijalankan agar kegiatan belajar mengajar maupun program yang ada di sekolah dapat berjalan sesuai dengan perencanaan, sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian menggunakan Penelitian deskriptif yaitu memusatkan pada masalah aktual pada saat penelitian berlangsung, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik sesuai dengan standar nasional pendidikan, hal tersebut terlihat dari kepala madrasah menentukan arah pendidikan dengan menyusun perencanaan pendidikan pada awal tahun pelajaran baru yang disesuaikan dengan kurikulum di madrasah, sebagai wakil dan juru bicara organisasi kepala madrasah membentuk setiap program yang ada dan dapat bekerja sama dengan banyak pihak sehingga berpengaruh pada mutu pendidikan madrasah, dan kepala madrasah dalam fungsi komunikator membentuk tim pengembang agar dapat menjalankan tugas sesuai dengan kemampuan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.Referensi
Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta, 2010.
Bungin, Burhan. Penelitian Kuliatatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana, 2008.
Darmadi, Darmadi. Sumber Daya Manusia dan Kekepalasekolahan: Melejitkan Produktivitas Kerja Kepala Sekolah dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Yogyakarta: Budi Utama, 2018.
DJafri, Novianty. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah: pengetahuan, Manajemen, Efektivitas, Kemandirian, Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi. Yogyakararta: Deepublish, 2017.
Fattah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2010.
Kartono, Kartini. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Kurniadin, Didin. Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2012.
Makawimbang Jerry H. Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu,. Bandung: Alfabeta, 2012.
Muhaimin, Muhaimin, dkk. Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah atau Madrasah. Jakarta: Kencana, 2015.
Mulyadi, Mulyadi. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang: UIN Maliki Press, 2010.
Musfah, Jejen. Manajemen Pendidikan, Teori Kebijakan, dan Praktik. Jakarta: Kencana, 2017.
Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian, Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta, Kencana Prenamedia Group.
Siagian, Sondang, P. Teori dan Praktik Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Taniredja, Tukiren. Penelitian Kuantitatif: Sebuah Pengantar. Bandung: Alfabeta, 2011.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.