Pembentukan Kecerdasan Linguistik dan Keterampilan Membaca Alquran Siswa Madrasah Tsanawiyah
Kata Kunci:
Kecerdasan Linguistik, Keterampilan Membaca.Abstrak
Setiap manusia memiliki 8 (delapan) jenis kecerdasan, namun hanya beberapa orang yang dominan. Salah satunya Kecerdasan linguistik (bahasa). Permasalahan utama dalam membaca Alquran adalah banyak orang yang memiliki kecerdasan bahasa namun dalam membaca Alquran belum sesuai kaidah yang ditentukan misalnya seperti kurang memahami hukum bacaan atau tajwid, makh?rij al-?ur?f dan lain-lain. Tujuan penelitian diarahkan pada upaya mengetahui korelasi antara kecerdasan linguistik dan keterampilan membaca. Jenis Penelitian Kuantitatif dengan uji analisis statistik korelasi product moment. Hasil penelitian bahwa variabel x kecerdasan linguistik Prosentase 3,144%.Variabel y keterampilan membaca prosentase 3,052%. Dibuktikan bahwa rxy = 0,993 dan N = 60, maka r tabel = 0, 27. Ternyata r hitung lebih besar daripada r tabel, maka terdapat korelasi antara variable x dan variable y. Penelitian ini memperoleh kesimpulan terdapat korelasi antara kecerdasan linguistik siswa dengan keterampilan membaca pada materi Alquran Hadis.Referensi
Amstrong, Thomas. 7 Kinds of smart. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta, 2002.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik. Jakarta: PT Asdi Maha Satya, 2010.
Astawa, Ida Bagus. “Pengaruh Teknik Neighborhood Walk Berorientasi Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Dalam Bahasa Inggris Ditinjau DariKecerdasan Linguistik”, e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Hal 2, 2013.
Ki Fudiartanta. Tes Bakat dan Perskoran Kecerdasan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
Lutfiyah. Penerapan Model Pembelajarab Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) Dalam meningkatkan Kemampuan Membaca, 2013.
Lwin, May dkk. Cara Mengembangkan berbagai Komponen Kecerdasan, Yogakarta, Indeks, 2008.
Madrasah Tsanawiyah Darul Faizin Catak Gayam. Wawancara dan Observasi, 2018.
Minelli, Liza. Pengaruh Strategi Kontekstual Learning (CTL) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Al-Quran SMA Swasta AlUlum Medan. “Tesis”.Universitas Agama Islam Negeri.
Munir, M. Misbachul. Pedoman Lagu-lagu Tilawatil Qur’an dilengkapi dengan Tajwid dan Qasidah, cet. 1Surabaya: Apollo, 1995.
Nuha, Moh. Maksyufun. Studi Korelasi Antara Penguasaan Pelajaran Bahasa Arab DenganKemampuan Membaca Alquran Siswa MI Matholiun Najah Sinanggul Kec. Mlonggo Kab. Jepara. “Skripsi”, Universitas Islam Negeri Walisongo, 2015.
Nur, A. Awaludin. Pengaruh Pelajaran Alquran Hadis Terhadap Kemampuan Baca Tulis Alquran Siswa Kelas XI IPS MA Syekh Yusuf Sungguminasa Kabupaten Gowa. “Skripsi”, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2013.
Nurdin, Muhammad Yaumi. Pembelajaran Berbasis Jamak (Multiple Intellegent) Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak.Jakarta, Penadamedia Group, 2013.
Prawira, Atmaja Purwa. Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruz Media, 2013.
Rasyidi, Ahmad. Mendidik Anak Membaca, Menulis dan Mencintai Alquran. Jakarta: Gema Insani Press, 2004.
Rasyidi, Ayif. “Pengaruh Metode Pemebelajaran dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kemampuan Bahasa Arab Kelas II SDIT Anak Sekolah Kota Mataram”, Jurnal Teknologi Pendidikan, 78, 2016.
Sofian Effendi, Masri Singarimbun. Metode Penelitian Survai. Jakarta: PT New Aqua Press, 1985.
Subini, Nini. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak, Jogjakarta: Javalitera, 2012.
Sukenti, Desi. “Hubungan Kecerdasan Linguistik dengan Kemampuan Berbahasa Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 15 Kota Pekanbaru”. Gerakan Aktif Menulis, 74, 2017.
Sumdi, Suryabrata. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
Tarigan, H. G. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung, 2008.
Wahyudi, Moh. Ilmu Tajwid Plus, cet. 2. Surabaya: Halim Jaya, 2008.
Yusuf, Ln. Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2011.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.