Studi Perbandingan Hasil Belajar Fikih antara Siswa yang Tinggal di Pondok dengan yang di Luar Pondok

Penulis

  • Sarifah Rukhoiyah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang
  • M. Zaimuddin W. As’ad Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang

Kata Kunci:

Perbandingan, Hasil Belajar, Fikih, Pondok Pesantren.

Abstrak

Hasil belajar tercapai setelah adanya pembelajaran dan perubahan dari pembelajaran yang mana mengantarkan peserta didik untuk menambah dan mengembangkan pengetahuan yang bermanfaat, hasil belajar menentukan apakah benar pemahaman telah atau belum di dapat oleh peserta didik, hasil belajar juga dipergunakan sebagai alat ukur keberhasilan bagi guru pengajar. Pembelajaran Fikih merupakan salah satu dasar dari agama Islam sebagai panduan untuk melakukan sebuah ibadah, pembelajaran Fikih yang diajarkan di dalam dan di luar pondok memiliki perbedaan yang signifikan sehingga mempengaruhi tingkat pemahaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil perbandingan dari perbedaan hasil belajar Fikih antara siswa yang tinggal di pondok dengan siswa yang tinggal di luar pondok pada kelas XI-IPA MAN 2 Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode analisa data dengan rumus uji-t independent-samples t-test, dari analisis tersebut memperoleh hasil adanya perbedaan antara hasil belajar mata pelajaran Fikih siswa yang tinggal di pondok dengan siswa yang di luar pondok dikelas XI-IPA MAN 2 Jombang, dari perbandingan nilai t hitung dengan t tabel yang mendapatkan hasil sebesar 4,171 > 1,9916 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga jika dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar dapat disimpulkan bahawa siswa yang tinggal di pondok mendapatkan nilai lebih tinggi dibandingkan siswa yang tinggal di luar pondok.

Referensi

Amrulloh, Amrulloh. “Hadis Sebagai Sumber Hukum Islam: Studi Metode Komparasi-Konfrontatif Hadis-Al-Qur’an Perspektif Muhammad Al-Ghazali dan Yusuf al-Qaradawi.” Ahkam: Jurnal Hukum Islam 3, no. 2 (2015): 287-310.

Anam, Muhammad Syaiful. “Penguatan Fiqih Lingkungan di Pesantren-Pesantren Desa Pinggiran Hutan di Kecamatan Silo Jember”, Jurnal Qolamuna 1, No.1 (2015): 134.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya, 2010.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Asep, Jihad. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo, 2013.

Azizah, Siti. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Kalibata Jakarta Selatan,” (Skripsi, Uin Syarif Hidayatullah, 2014), 41.

Djaelani, Moh. Solikodin. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Masyarakat”, Jurnal Ilmiah Widya 1, No. 2 (Juli-Agustus 2013): 102.

Gunawan, Muhammad Ali. Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing, 2013.

Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010.

Kunandar, Kunandar. Penelitian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Muhid, Abdul. Analisis Statistik. Sidoarjo: Zifatama Publishing, 2012.

Pritaningrum, Meidiana. “Penyesuaian Diri Remaja yang Tinggal di Pondok Pesantren Modern Nurul Izzah”, Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial 2, No. 3 (2013): 135.

Purwanto, Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Rahman, Abdul. “Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam - Tinjauan Epistemologi Dan Isi-Materi”, Jurnal Eksis 8, No. 1 (Maret 2012): 2055.

Rohmansyah, Tryas. “Perbandingan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Antara Siswa Berasrama dengan Non Asrama di MTs Istiqomah IslamiyahTulang Bawang Barat,” (Skripsi, IAIN Raden Intan Lampung, 2017).

Ruslan, Rosady. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Sugiyono, Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2017.

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2013), 130.

Sukardi, Sukardi. Metodologi Penelitian Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Suprijono, Agus. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Syarifuddin, Ahmad. “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya”, Juranl Ta’dib 16, no. 1, (Juni 2011): 116.

Syarifuddin, Amir. Garis-garis Besar Fiqih. Jakarta: Kencana, 2010.

Syofian Siregar, Statistik Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta : Rajawali Pers, 2016.

Wahyuningtyas, Putri. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Motivasi Belajar Dengan Perilaku Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMPN 01 Jenangan Ponorogo”, Jurnal Cendekia 12, No. 1 (Juni 2014): 57.

Winarno, Ahmad. Ilmu Pengantar Ilmiah Dasar Metode Teknik. Bandung: Transito,1978.

Zaenia, Lies. “Perbandingan Pembelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Modern dengan Pondok Pesantren Salaf dalam Persepsi Santri,” (Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011).

Zaenudin, Zaenudin. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Melalui Penerapan Strategi Bingo”, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10, No. 2 (2015): 308.

Diterbitkan

2020-06-01

Terbitan

Bagian

Artikel