Pendidikan Alquran dan Hadis tentang Larangan Berkomentar Negatif terhadap Orang Meninggal
Kata Kunci:
Hadis pendidikan, tafsir pendidikan, syarah hadis, tafsir Alquran.Abstrak
Dalam Alquran dan Hadis, terdapat nilai-nilai pendidikan yang bisa dipadukan dan dikompromikan dengan pendidikan modern, baik konsep maupun sistemnya. Salah satu hadis yang dimaksud adalah hadis tentang larangan berkomentar negatif untuk orang yang telah meninggal dunia. Tujuan kajian ini adalah untuk mengeksplorasi teks hadis tentang larangan berkomentar negatif terhadap orang meninggal, takhr?j-nya, dan juga sabab wur?d-nya; serta mengeksplorasi kandungan hadis tentang larangan berkomentar negatif terhadap orang meninggal di bawah petunjuk umum Alquran. Kajian ini menerapkan metode kualitatif deskriptif berbasis studi pustaka (library research). Sumber kajian ini adalah kitab-kitab yang terhitung sebagai sumber primer hadis (ma??dir a?liyyah), kitab-kitab syarah hadis, dan kitab-kitab tafsir. Seluruh data yang terhimpun akan dielaborasi dan dianalisis menggunakan pendekatan takhr?j, syarah, dan tafsir. Kajian ini menemukan bahwa hadis tentang larangan berkomentar negatif terhadap orang meninggal ini bisa dijadikan dasar argumentasi (?ujja) dan bisa dikorelasikan dengan petunjuk umum Alquran.Referensi
‘Ainī (al), Bad al-Dīn Abī Muhammad Mahmud ibn Ahmad. ‘Umdah al-qārī: Sharḥ ṣaḥiḥ al-bukhārī. Beirut: Dār al-Kutub al-'Ilmiyyah, 2001. Abū Dāwud Sulaymān b. al-Ash‘ath. Al-Sunan. Mesir: Sharikat wa Maṭba‘at Muṣṭafā al-Bābī al-Ḥallābī, 1975. Ali, Nizar. “Kependidikan Islam dalam Perspektif Hadis Nabi.” Jurnal Penelitian Agama 17, no. 1 (Januari-April 2008). Amrulloh, Amrulloh, dan Mujianto Solichin. Metode Studi Hadis Pendidikan. Malang: Dream Litera Buana, 2019. Amrulloh, Amrulloh. “Guru Sebagai Orang Tua dalam Hadis Aku Bagi Kalian Laksana Ayah.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 2, no. 1 (2016). Asqalānī (al), Aḥmad ibn ‘Alī b. Ḥajar. Fatḥ al-bārī bi sharḥ ṣaḥīḥ al-bukhārī. Riyad: Dār al-Ṭībah, 2005. Bayhaqī (al), Aḥmad b. al-Ḥusayn. Al-Sunan al-kubrā. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2003. Bukhārī (al), Muḥammad b. Ismā‘īl. Al-Jāmi‘ al-ṣaḥīḥ. T.tp: Dār Ṭūq al-Najāh, 1422 H. Dārimī (al), ‘Abd Allāh b. ‘Abd al-Raḥmān. Al-Sunan. Arab Saudi: Dār al-Mughnī, 2000. Ḥākim (al), Abū ‘Abd Allāh. Al-Mustadrak ‘ala al-ṣaḥīḥayn. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1990. Hannād b. al-Sirrī. Al-Zuhd. Beirut: Dār al-Khulafā’ li al-Kitāb al-Islāmī, 1406 H. Ibn Abī Shaybah. Al-Muṣannaf. Riyad: Maktabat al-Rushd, 1409 H. Ibn al-A‘rabī, Abū Sa‘īd. Al-Mu‘jam. Arab Saudi: Maktabat Ibn al-Jawzī, 1997. Ibn Baṭṭāl, Abū al-Ḥasan ‘Alī ibn Khalaf b. ‘Abd al-Mālik. Sharḥ ṣaḥīḥ al-bukhārī. Riyad: Maktabah al-Rushd, t.th. Ibn Ḥanbal, Aḥmad. Al-Musnad. Beirut: Mu’assasat al-Risālah, 2001. Ibn Ḥibbān, Muḥammad. Al-Ṣaḥīḥ. Beirut: Mu’assasat al-Risālah, 1993. Ibn Kathīr, Ismā‘īl b. ‘Umar. Tafsīr al-qur’ān al-‘aẓīm. T.tp: Dār Ṭībah, 1999. Ibn Manẓūr. Lisān al-‘arab. Kairo: Dar al-Ma'ārif, t.th. Kharā’iṭī (al), Muḥammad b. Ja‘far. Masāwi’ al-akhlāq. Jedah: Maktabat al-Sawādī, 1993. Kirmānī (al). al-Kawākib al-darārī: Sharḥ al-kirmānī ‘alā al-bukhārī. Beirut: Dār Iḥyā’i al-Turāth al-‘Arabī, 1981. Ma’ruf, M. “Konsep Manajemen Pendidikan Islam dalam al-Qur’ān dan Hadis.” Didaktika Religia: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2015). Marāghī (al), Aḥmad b. Muṣṭafā. Al-Tafsīr. Mesir: Sharikat wa Maṭba‘at Muṣṭafā al-Bābī al-Ḥallābī, 1946. Mubārakfūrī (al), Abū al-‘Ulā Muhammad ‘Abd al-Raḥmān ibn ‘Abd al-Raḥīm. Tuḥfah al-aḥwādhī bi sharḥ jāmi’ al-tirmīdhī. Cairo: Dār al-ḥadīth, 2001. Munawwir, Ahmad Warson. Kamus al-Munawwir: Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progressif, 1997. Muqri’ (al), Abū Bakr Ibn. Al-Mu‘jam. Riyad: Maktabat al-Rushd, 1998. Nasā’ī (al), Aḥmad b. Shu‘ayb. Al-Sunan. Aleppo: Maktab al-Maṭbū‘āt al-Islāmiyyah, 1986. Prabowo, Yoga Sari. “Supervisi Pendidikan Agama Islam: Kajian al-Qur’ān dan Hadis.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (Juni 2015). Qaḍā‘ī (al), al-Shihāb. Al-Musnad. Beirut: Mu’assasat al-Risālah, 1986. Stapa, Zakaria, Noranizah Yusuf dan Abdul Fatah Shaharudin. “Pendidikan Menurut al-Qur’ān dan Sunnah Serta Peranannya dalam Memperkasakan Tamadun Ummah.” Jurnal Hadhari (2012). Suyūṭī (al), Jalāl al-Dīn. Asbāb wurūd al-hadīth aw al-luma‘ fī asbāb al-hadīth. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1984. Ṭabrānī (al), Sulaymān b. Aḥmad. Al-Mu‘jam al-kabīr. Kairo: Maktabat Ibn Taymiyah, 1994. Ṭanṭāwī (al), Muḥammad Sayyid. Al-Tafsīr al-wasīṭ li al-qur’ān al-‘aẓīm. Kairo: Dār Naḥḍat Miṣr, 1997. Tirmidhī (al), Muḥammad b. ‘Īsā. Al-Sunan. Mesir: Sharikat wa Maṭba‘at Muṣṭafā al-Bābī al-Ḥallābī, 1975. Zuḥaylī (al), Wahba. Al-Tafsīr al-munīr fi al-‘aqīda wa al-sharī‘a wa al-manhaj. Damskus: Dār al-Fikr al-Mu‘āṣir, 1418 H.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.