Supervisi Pembelajaran Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kinerja Tenaga Pendidik di Lembaga Pendidikan Islam
Kata Kunci:
Supervisi kepala madrasah, kinerja tenaga pendidik.Abstrak
Kajian ini berusaha menyusuri pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam peningkatan kinerja tenaga pendidik di lembaga pendidikan Islam Madrasah Ibtidaiyah Sabilul Huda Senden Peterongan Jombang. Supervisi pembelajaran merupakan program terencana guna memperbaiki pembelajaran di suatu institusi pendidikan dalam skala implementatif yang dikendalikan berdasarkan proses supervisi administratif. Pemberian layanan supervisi kepada tenaga pendidik berupa bimbingan secara langsung dilakukan secara berkala untuk mencapai hasil pembelajaran yang bermutu. Pengawasan diharapkan memberikan kontribusi dukungan bagi tenaga pendidik senantiasa meningkatkan kinerja menjadi lebih baik lagi. Keberadaan supervisi disinyalir menjadi motor penggerak tenaga pendidik agar dapat bekerja sesuai dengan aturan yang ditetapkan madrasah. Supervisi kepala madrasah dalam peningkatan kinerja tenaga pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Sabilul Huda Senden Peterongan Jombang telah sesuai standar minimal kriteria pelaksanaan supervisi pembelajaran, yakni terdapat perencanaan pembelajaran yang meliputi kejelasan identitas silabus, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, alokasi dan sumber pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran sebagai bentuk pelaksanaan kurikulum di tingkat kelas menggambarkan keadaan pengelolaan kelas yang efektif, penggunaan media dan metode yang bervariasi, dan evaluasi pembelajaran simultan. Kepala madrasah sebagai pemimpin pembelajaran secara kolegial memperoleh respon yang baik dalam menciptakan iklim kinerja yang produktif.Referensi
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002.
Bakar, Abu. “Supervisi Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Sosial Budaya 8 No. 01. https://media.neliti.com/media/publications/40432-id-supervisi-pendidikan-agama-islam-pembinaan-guru-agama-madrasah-sekolah.pdf, diakses pada 18 Januari 2020.
Ahmadi, Rulam. Profesi Keguruan, Konsep dan Stategi Mengembangkan Profesi dan Karier Guru. Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2014.
Budiarto, Eko. Biostatiska Untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakatan. Jakarta: EGC, 2002.
Daryanto, Daryanto. Kamus Besar Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya: Apollo, Ttp.
Ghozali, Imam. Aplikasi Multivariate dengan Program SPS. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro, 2007.
Madrasah Ibtidaiyah Sabilul Huda Senden Peterongan Jombang, Observasi, 18 Desember 2019.
Mahmud, Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Masnunah, Wawancara, Jombang, 4 Desember 2019.
Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Purwanto, Setyo Hartanto dan Sodiq, Sodiq. “Supervisi Dan Penilaian Kinerja Guru (MPPKS-PKG)”. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Ratlin, Ratlin. “Pengaruh Kualitas Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sains SMA Negeri di Kota Baubau”, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 1, No. 1 (2017). https://ojs.unm.ac.id/uea/article/view/3773, diakses pada 14 Desember 2019.
Sagala, Syaiful. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.
Slameto, Slameto. “Supervisi Pendidikan Oleh Pengawas Sekolah”, Jurnal Menejemen Pendidikan 3, No. 2 (Juli-Desember 2016). https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/donwload/647/433/. Diakses pada 28 Agustus 2020.
Sugiyono, Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2010.
Taqizar, Taqizar. “Supervisi Bebasis IT (Supervisi berbasis internet)”, Jurnal At-Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang 1, No 2 (2018). http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir, diakses pada 11 Desember 2019.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.