Penerapan Metode Active Learning Pada Pencapaian Akademik Mahasiswa PAI

Penulis

  • Ishaq Hunain Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Abd Kodir Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Mo Kamil Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Rofiqi Choirul Anam Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Fitriyatul Maulidia Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Insiyatun Nafisah Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Jamiatus Sholihah Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Kholivia Agustin Ningsih Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Nofita Indah Permatasari Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Nurisatul Kutsiyah Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Nurroh Suci Rahayu Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Faqihul Muqoddam Institut Agama Islam Negeri Madura

Kata Kunci:

Active Learning, Pencapaian Akademik, Mahasiswa.

Abstrak

Pada era modern, pendidikan menjadi kebutuhan utama manusia dalam menjalani kehidupannya serta menjadi salah satu indikator utama kemajuan sebuah peradaban umat manusia. Metode mengajar merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan, karena  merupakan teknik atau cara seseorang untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan model Active Learning yang diterapkan, dampak positif dan negatif metode Active Learning, faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Active Learning pada pencapaian akademik mahasiswa PAI IAIN Madura. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penilitian ini menggunakan data primer dan sekunder yang diperoleh melalui wawancara dan analisis data (analisis, reduksi, penarikan kesimpulan). Berdasarkan hasil temuan lapangan baik observasi ataupun wawancara diperoleh hasil bahwa metode Active Learning yang di terapkan yakni berupa pembelajaran kelompok koperatif, tanya jawab dan diskusi baik secara langsung maupun secara daring. Adanya metode Active Learning yang demikian, dianggap Mampu  mestimulus mahasiswa untuk berfikir aktif, dan ktitis namun di sisi yang berbeda penerapan metode Active Learning tidak dapat menjangkau mahasiswa pasif dalam kemajemukan kelas. Faktor yang menjadi pendukung dari metode Active Learning ini yakni adanya kerjasama interaktif antara pendidik dan peserta didik dalam melangsungkan KBM. namun yang menjadi  faktor penghambatnya yakni kemampuan peserta didik yang berbeda dan ketika KBM dilaksanakan secara daring maka jaringan internet menjadi indikator utama.

Referensi

Aisyah, Siti. Penerapan Active learning Strategi Konstruktivisme Pada Pem belajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Labuhan batu. ASIRU PAI, 3 (1), 2019.

Hastuti, Nei. Penerapan Model Active Learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Jelutung Kota Jambi. Skripsi. UIN Sultan Thaha Saifuddin, 2020.

Kadir Munsyi, Abdul. Pedoman Mengajar : Bimbingan Mengajar Untuk Calon Guru. Surabaya: Al-Ikhlas, 1981.

Lestari, Puj. Penerapan Strategi Belajar Aktif (Active Learning Strategy) Dalam Pembelajaran PAI Di SMP Muhammadiyah 1 Kalianda Lampung Selatan. Skripsi. UIN Raden Intan, 2021.

Masruroh, Ummi. Implementasi Strategi Belajar Aktif (Active Learning) Dalam Pembelajaran Tematik di MIN Kauman Utara Jombang. Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim, 2017.

Neuman. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. Jakarta, 2013.

Nizar, Samsul. Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2001.

Rahmah Fajriati, Afrida. Analisis Penerapan Strategi Pembelajaran Active Learning Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Di SD Al-Fath Cirendeu. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah, 2020.

Riduawan. Metode dan Teknik Penyusunan Tesis. Bandung: alfabeta, 2006.

Sutrisno, Edy. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana, 2011.

Syamsiyati N.J, Enda Penerapan Metode Pem belajaran Active Learning-small Group Discussion Di Perguruan Tinggi Sebagai Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran. Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar. 3 (2), 2019.

Wangsa Gandhi HW, Teguh. Filsafat Pendidikan : Mazhab-Mazhab Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2019.

Zaman, Badrus. Penerapan Active Learning Dalam Pembelajaran PAI. As-Salam, 4 (1), 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-31

Terbitan

Bagian

Artikel