Strategi Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Fadhilah Medan

Penulis

  • Arina Denggan Munthe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Amiruddin Siahaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Rizki Akmalia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Casyariadi Vana Hafidzah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Lilis Astika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Sri Muliyani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Said Agil Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Strategi, Manajemen, Kepala Sekolah, Kompetensi Kepribadian Guru.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru di MI Nurul Fadhilah Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain etnografi. Analisis data melalui empat tahap yaitu pencarian data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validitas data diperoleh melalui triangulasi pengumpulan data, triangulasi sumber data, dan triangulasi pengecekan data. Hasil Penelitian menunjukan menajemen kepala sekolah di MI Nurul Fadhilah berjalan efektif, hal ini dapat dilihat berdasarkan: pertama, perencanaan (planning) program melalui pemanfaatan kekuatan dan kelemahan yang ada di sekolah serta membuat peta jalan dalam kesuksesan program. Kedua, organisasi (organizing) dilakukan dengan mendelegasikan program dengan jelas dengan membagi habis sesuai dengan tugas dan wewenangnya. Ketiga, pergerakan (actuating) dilakukan kepala sekolah dengan mendorong dan melakukan pembimbingan untuk menjalankan program. Keempat, pengawasan (controling) dilakukan melalui supervisi langsung dan melalui dokumen presensi serta laporan dari wakil kepala sekolah.

Referensi

Budi, M. Hanif Satria. “Manajemen Pengembangan Kompetensi Kepribadian Dan Leadership Guru Pendidikan Agama Islam”. Dirasah?: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1 (1), 99–119, 2018. https://doi.org/10.29062/dirasah.v1i1.53.

Fitrah, M. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Jurnal penjaminan mutu, 2017.

J. A., Nur, M., & Ibrahim, S. “Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada SDN Dayah Guci Kabupaten Pidie”. Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 11(1), 93-?, 2016.

Minan, M. “Praktik Kepemimpinan Tranformasional Dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru Perspektif Al-Qur’an”. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1 (1), 177–196, 2019.

Pratama, F. A., & Giatman, M. “Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Kompetensi Guru Pendahuluan Pendidikan menjadi Pokok Sentral dalam Membangun Keberlanjutan Tatanan Bangsa Indonesia dari Generasi ke Generasi”. 7 (1), 35–50, 2021.

Priansa, Menjadi Kepala sekolah dan guru Profesional Konsep, Peran Strategis dan Pengembangannya. Bandung: Pustaka Setia, 2017.

Raqib dan Nurfuadi. Kepribadian Guru Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru. Yogyakarta: Grafindo, 2012.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-30

Terbitan

Bagian

Artikel