Strategi Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Fadhilah Medan
Kata Kunci:
Strategi, Manajemen, Kepala Sekolah, Kompetensi Kepribadian Guru.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru di MI Nurul Fadhilah Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain etnografi. Analisis data melalui empat tahap yaitu pencarian data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validitas data diperoleh melalui triangulasi pengumpulan data, triangulasi sumber data, dan triangulasi pengecekan data. Hasil Penelitian menunjukan menajemen kepala sekolah di MI Nurul Fadhilah berjalan efektif, hal ini dapat dilihat berdasarkan: pertama, perencanaan (planning) program melalui pemanfaatan kekuatan dan kelemahan yang ada di sekolah serta membuat peta jalan dalam kesuksesan program. Kedua, organisasi (organizing) dilakukan dengan mendelegasikan program dengan jelas dengan membagi habis sesuai dengan tugas dan wewenangnya. Ketiga, pergerakan (actuating) dilakukan kepala sekolah dengan mendorong dan melakukan pembimbingan untuk menjalankan program. Keempat, pengawasan (controling) dilakukan melalui supervisi langsung dan melalui dokumen presensi serta laporan dari wakil kepala sekolah.
Referensi
Budi, M. Hanif Satria. “Manajemen Pengembangan Kompetensi Kepribadian Dan Leadership Guru Pendidikan Agama Islam”. Dirasah?: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1 (1), 99–119, 2018. https://doi.org/10.29062/dirasah.v1i1.53.
Fitrah, M. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Jurnal penjaminan mutu, 2017.
J. A., Nur, M., & Ibrahim, S. “Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada SDN Dayah Guci Kabupaten Pidie”. Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 11(1), 93-?, 2016.
Minan, M. “Praktik Kepemimpinan Tranformasional Dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru Perspektif Al-Qur’an”. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1 (1), 177–196, 2019.
Pratama, F. A., & Giatman, M. “Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Kompetensi Guru Pendahuluan Pendidikan menjadi Pokok Sentral dalam Membangun Keberlanjutan Tatanan Bangsa Indonesia dari Generasi ke Generasi”. 7 (1), 35–50, 2021.
Priansa, Menjadi Kepala sekolah dan guru Profesional Konsep, Peran Strategis dan Pengembangannya. Bandung: Pustaka Setia, 2017.
Raqib dan Nurfuadi. Kepribadian Guru Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru. Yogyakarta: Grafindo, 2012.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.