Peran Kepala Sekolah dalam Manajemen Pembelajaran di MIS Hidayatullah Batang Kuis Sumatera Utara
Kata Kunci:
Peran, Kepala Sekolah, Manajemen, Pembelajaran.Abstrak
Kepala sekolah adalah tenaga kependidikan yang memeiliki tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh sebagai pemimpin kegiatan manajemen pembelajaran di sekolah. Peran kepala sekolah dalam manajemen pembelajaran tampak pada aktivitas mengelola, mengatur, mengembangkan, dan mengevaluasi pembelajaran di sekolah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam manajemen pembelajaran di MIS Hidayatullah Batang Kuis Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Prosedur dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa: peran kepala sekolah dalam memanajemen pembelajaran di MIS Hidayatullah Batang Kuis selalu mengadakan rapat dengan para guru di sekolah untuk membahas segala aspek yang ada di sekolah khususnya tentang manajemen pembelajaran, menghimbau para guru agar selalu menerapkan nilai-nilai Islami dalam melaksanakan pembelajaran, dengan tujuan agar nilai- nilai tersebut tersebut tertanam dalam diri peserta didik. Hal lain yang dilakukan yaitu mengevaluasi kinerja para tenaga pendidik di sekolah tersebut, memanajemen sumber daya manusia. Hal lain yang dijumpai di lapangan yaitu peserta didik, tenaga pendidik, staf yang terlibat dalam perkembangan pembelajaran sekolah dapat melaksanakan aktivitasnya dengan sungguh- sungguh dalam proses belajar mengajar, baik dalam lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.
Referensi
Alquran Surah Alnisa’ (4): 59
Aswaruddin; Maulidayani; dkk, Manajemen Pendidikan. Medan: Undhar Press, 2021.
Binkley, Nadine, “Principals’ Role in Policy Change: Mediating Languange through Professional Beliefs”, Journal of Educational Administration, Vol.35, No.1, 1997.
Bredeson, Paul V. (2000). The school principal's role in teacher professional development. Journal of In-Service Education, 26 (2), 385–401. Doi: 10.1080/13674580000200114.
Drysdale, David; Gurr Lawrie, (2013), Middle level secondary school leaders, Journal of Educational Administration, 5 (1), 55-57, doi: 10.1108/09578231311291431.
Geert, Devos; Bouckenooghe, Dave (2009). An Exploratory Study on Principals' Conceptions about Their Role as School Leaders, Leadership and Policy in Schools, 8(2), 173–196. Doi: 10.1080/15700760902737196.
Halik, Abdul, Manajemen Pembelajaran Berbasis Islam. Parepare: Global- RCI, 2019.
Kristin, Firosalia, Analisis Model Pembelajaran Disvovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD, Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, Vol. 2, No.1, April 2016.
Mahlangu, Vimbi P. (2015). The Role of the Principal in Facilitating Professional Development of the Self and Teachers in Primary Schools in South Africa. International Journal of Educational Sciences, 9 (2), 233–241. doi:10.1080/09751122.2015.11890313.
Pancaningrum, Novita, Kontekstual Konsep Pemimpin Dalam Teks Hadis, Jurnal Studi Hadis.
Radosavljevich, Paul R. (1911), What is education, The Pedagogical Seminary, 18: 1, 31- 34, DOI: 10. 1080/08919402. 1911. 10532774
Richard Dealtry, The Design and Management of an Organisastion’s Lifelong Learning Curriculum, Journal of Workplace Learning,Vol.21,No.2,2009, DOI: 10.1108/13665620910934843.
Saifulloh, Ahmad Munir; Mohammad Darwis, Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Bidayatuna,Vol.03,No.02 Oktober 2020
Undang- Undang Menteri Pendidikan Nasional No. 28 Tahun 2010 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah/madrasah Pasal 1 ayat (1)
Undang- Undang Pemerintah No. 28 Tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar Pasal 12 ayat (1).
Undang- Undang Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 mengenai standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.
Undang- Undang Tujuan Pendidikan Nasional No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3.
Vusi, Mavimbela; van Niekerk, Petro (2015). Factors influencing values management in rural secondary schools: the role of educators. Africa Education Review, 12(4), 567–581. doi:10.1080/18146627.2015.1112143.
Wande, Charles L.; Lawrance Muchemi; Robert Oboko, Identifying Learning Styles And Cognitive Traits In Learning Management Sistem, Journal Heliyon, DOI: 10. 1016/j.heliyo.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.