Anatomi dan Desain Kurikulum

Penulis

  • Nilna Farah Adibah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Nur Kholifatul Hikmawati Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kata Kunci:

Anatomi, Desain, Kurikulum.

Abstrak

Dunia pendidikan tidak dapat terlepas dari kurikulum. Kurikulum merupakan unsur penting dalam setiap bentuk model pendidikan. Dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional 2003 pasal 1 ayat 11, yang berbunyi: “Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar”. Kurikulum memegang peranan penting yang cukup penting dalam suatu lembaga pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan, baik itu pendidikan umum maupun pendidikan agama. Kurikulum harus mampu menyesuaikan komponen-komponen yang ada di dalamnya. Sebagai suatu sistem kurikulum terdiri atas komponen-komponen yang saling terkait, terintegrasi, dan tidak dapat terpisahkan satu dengan yang lainnya. Suatu kurikulum terdiri dari komponen-komponen diantaranya yaitu: tujuan, isi atau materi, strategi pelaksanaan, media pengajaran dan komponen evaluasi. Ada berbagai macam model desain kurikulum diantaranya adalah: Subject Centered Design yang meliputi Subject Design, Disciplines Design dan Broad-Field Design. Learned Centered Design meliputi The Activity atau Experience Design. Problem Centered Design meliputi The Areas of Living Design dan The Core Design.

Referensi

Andhara, Orsy. Mustiningsih, Zuhrotul Karimah, Kingkin. “Implementasi Model Dan Desain Kurikulum Di Indonesia.” Seminar Nasional - Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri, n.d.

Aprilia, Wahyu. “Organisasi Dan Desain Pengembangan Kurikulum” 2. Islamika?: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan (2020).

Hamalik, Oemar. Dasar-Dasar Pengembagan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Marliana. “Anatomi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah” 13. Dinamika Ilmu (2013).

Moha, Kamaruddin. “Anatomi Kurikulum” 1. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam (2021).

Sabda, Syaifuddin. Model Kurikulum Terpadu IPTEK Dan IMTAQ. Ciputat: PT Ciputat Press Group, 2006.

Sa’idah, Ratnatus. “Pengembangan Kurikulum Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Multi Kasus Di SMP Islam Al-Azhar Kepala Gading Surabaya Dan SMP Ta’miriyah Surabaya.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2013.

Syarif, Hamid. Pengembangan Kurikulum. Pasuruan: Garoeda Buana Indah, 1993.

Siswanto, Irman. M. Thaib, Razali. “Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan (Studi Analisis Implementatif)” 1. Jurnal Edukasi (2015).

Sukmadinata, Syaodih, Nana. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktik. Bandung: Rosdakarya, 2013.

Soemanto, Wasty. Soetopo, Hendyat. Pembinaan Dan Pengembangan Kurikulum Sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara, 1986.

Tarihoran, Naf’an. Pengembangan Kurikulum. Banten: Loquen Press, 2008.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. “Kamus Besar Bahasa Indonesia.” Jakarta: Balai Pustaka Cet.II, 1999.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, n.d.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-30

Terbitan

Bagian

Artikel