Implementasi Kultur Literasi Baca Tulis untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jombang

Penulis

  • Nur Ulwiyah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Zaimuddin W. Asad Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Umi Hasunah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Miftakhul Ilmi Suwignya Putra Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Moh. Makmun Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Muhammad Zaki Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Ainun Mahmuda Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang

Kata Kunci:

Implementasi Kultur Literasi Baca Tulis, Prestasi Belajar, Akidah Akhlak.

Abstrak

Rendahnya minat baca siswa di Indonesia menyebabkan terjadinya penurunan prestasi belajar. Oleh karena itu, Kemendikbud meluncurkan 1 program yaitu GLS (Gerakan Literasi Sekolah) dalam rangka membiasakan dan meningkatkan minat siswa untuk membaca.Sekolah yang sudah melaksanakan kegiatan literasi di lembaganya yaitu MTsN 2 Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kultur literasi di MTsN 2 Jombang, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kultur literasi di MTsN 2 Jombang dan mendeskripsikan dampak implementasi kultur literasi terhadap prestasi siswa di MTsN 2 Jombang. Pendekatan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan.Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode angket, dokumentasi, observasi dan wawancara.Adapun dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan mereduksi dan mendisplay data dengan beberapa uraian singkat serta menyimpulkannya secara fleksibel supaya menjawab rumusan masalah yang ada.Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTsN 2 Jombang memiliki program literasi dengan menambahkan beberapa variasi kegiatan seperti, literasi Al-Qur’an, membaca materi sebelum KBM dan mendatangkan Perpustakaan Mastrip Jombang.

Referensi

Abidin, Yunus. Pembelajaran multiliterasi.Bandung: PT Refika Aditama, 2015.

Aini, Dinda Nurul. “Pengaruh Budaya Literasi dalam Mengembangkan Kecerdasan Kewarganegaraan”. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang, 2018.

Akbar, Aulia. 2017. “Membudayakan Literasi dengan Program 6M di Sekolah Dasar”. JPSD.

Akbar, M. Firman dan Filia Dina Anggaraeni. “Teknologi dalam Pendidikan: Literasi Digital dan Self-Directed Learning Pada Mahasiswa Skripsi”. Jurnal Indigenous, 2017.

Akmal, Huriyatul dan Yogi Eka Saputra. “Analisis Tingkat Literasi Keuangan”. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 2016.

Arisma, Olynda Ade. Peningkatan Minat dan Kemampuan Membaca Melalui Penerapan Program Jam Baca Sekolah di Kelas VII SMP Negeri 1 Puri. “Skripsi”.Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang, 2012.

Azis, Moh. Saiful. Implementasi Kultur Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca, Menulis dan Berpikir Kritis Siswa SD Plus Al Kautsar Malang. “Skripsi”. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017).Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama, 2016.

Djamarah, Syaiful Bahri. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Nasional, 1994.

Faradina, Nindya. “Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah JatinomKlaten”. Jurnal Hanata Widya, 2017.

Hamdu, Ghullam dan Lisa Agustina. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2011.

Hendrawati, NovitaErni, dkk. Etnomatematika: Literasi Numerasi Berdasarkan Bahasa Pada Suku Kowai Kabupaten Kaimana.Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami, 2019.

Hidayah, Layli. “Implementasi Budaya Literasi di Sekolah Dasar Melalui Optimalisasi Perpustakaan: Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri di Surabaya”. JU-ke, 2017.

Hidayat, Nur. Akidah Akhlak dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Ombak, 2015.

Ibrahim. Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemendikbud, 2017.

Kharizmi, Muhammad. “Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi”. Jurnal Pendidikan Almuslim, 2019.

Kurnia, Tommy.Skor Terbaru PISA: Indonesia Merosot di Bidang Membaca, Sains dan Matematika, lihat di https:m.liputan6.com/global/read/4126480/skor-terbaru-pisa-indnesia-merosot-di-bidang-membaca-sains-dan-matematika. Diakses pada 14 Agustus 2020.

Permatasari, Ane. Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi.Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2015.

Pradana, BethaHandini, dkk. “Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa di SMA Negeri 4 Magelang”. Solidarity, 2017.

Praptanti, Isnaeni dan Asih Ernawati. Evaluasi Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Pada Sekolah Menengah Atas Negeri dan Swasta di Wilayah Purwokerto Kota. Seminar Nasional, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2019.

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya, 1998.

Setiawan, Adib Rifqi, dkk. “Mengonstruksi Rancangan Soal Domain Kompetensi Literasi Saintifik Siswa SMP Kelas VIII Pada Topik Gerak Lurus”. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2017.

Suandewi, Pt. Melia, dkk. “Hubungan Budaya Literasi (Baca-Tulis) dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 2019.

Sujarwa. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar: Manusia dan Fenomena Sosial Budaya.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Wahidin, Unang, dkk. “Literasi Keberagaman Anak Keluarga Marjinal Binaan Komunitas di Kota Bogor”. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2017.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-30

Terbitan

Bagian

Artikel