Implementasi Metode Card Short dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Bidang Alquran Hadis di Madrasah Tsanawiyah

Penulis

  • Dhikrul Hakim
  • Fharikhatun Nikmah

Kata Kunci:

Metode card short, prestasi belajar siswa, Alquran Hadis.

Abstrak

Sebagian besar metode, suasana pembelajaran di sekolah yang diterapkan guru tampaknya belum efektif untuk memotivasi peserta didik dikarenakan guru belum menguasai karakteristik siswa, guru tidak bisa meningkatkan prestasi belajar. Tujuan penelitian mengetahui prestasi belajar siswa sebelum dilaksanakan metode card short, penerapan metode card short, Peningkatan prestasi belajar siswa bidang studi Alquran Hadis setelah menggunakan metode card short di MTs Darul Ulum Sumberpeganten Jogoroto Jombang. Jenis penelitian tindakan kelas dari teori Kurt Lewin terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VIII sebanyak 24 siswa. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data flow model dengan reduksi data, penyajian data kesimpulan. Hasil Penelitian Prestasi belajar siswa pada pra siklus sebesar 25%siklus I meningkat sebesar 62,5% dan siklus II meningkat sebesar 87,5%. Maka penggunaan metode card short dapat meningkatkan prestasi belajar siswa bidang studi Alquran Hadis pada kelas VIII MTs Darul Ulum Sumberpenganten Jogoroto Jombang.

Referensi

Abdul Rahman Saleh, Muhbib Abdul Wahab. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Prespektif Islam. Jakarta: Pernada Media, 2005.

Abdulrahman, Mulyana. Pendidikan Bagi Anak Yang Berkesulitan Belajar Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Annurahman. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo, 2005.

Arikuntoro, Suharsimi. Prosedur Penellitian Suatu Pendekatan PraktikJakarta: Rineka Cipta, 2010.

Asnawir. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Azizah, Intan. Penerapan Metode Index Card Mach Dalam Pencapaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Pada Kelas VI SDN Kaljamber Sragen. “Skripsi”: Universitas Sunan kalijaga, 2007.

Daemadi, Hamid. Dimensi-Dimensi Metode Penelitian Pendidan dan Sosial Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2013.

Dedi Dwitagma, Wijaya Kusuma. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks, 2012.

Djamaroh, Dkk. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Fuadah, Muhammad. Penerapan Metode Card Short dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Media Pembelajaran PAI Pokok Pembahasan Puasa. “Skripsi” : IAN Walisongo, 2010.

Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berbasis Pendekatan Sistem. Jakarata: PT Bumi Aksara, 2002.

Hamruni, Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Jakarta: PT Pusaka, 2004.

Ihsan, Nur. 29 November 2016. Wawancara, Jombang.

Ismail. Pembelajaran Aktif Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail.

Ismail. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEMI. Semarang: Rasail Media Group, 2009.

Karwati, Donni Juni Priana Euis & Priansa, Donni Juni. Manajemen Kelas (Classroom Management): Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta, 2014.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penellitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosdakarya. 2005.

Mudjiono, Dimyati. Belajar Mengajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Mulyasa. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Kemandirian guru dan Kepala Sekolah). Jakarta: Bumi Aksara.

Roesytah. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara, 1989.

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2013.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido, 2005.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D Bandung: Alfabeta, 2015.

Sukmadinata Syaodih, Nana. Meetode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Sulistioningsih, Ngasti. Efektifitas Metode Card Short dalam Mengupayakan Peningkatan Baca Tulis Alquran pada Mata Pelajaran Alquran Hadis di Pucang Kidul Cilacap. “Skripsi”: Universitas IAN Walisongo, 2010.

Supriyanto, Triyo Supriyanto Dkk. Strategi Pembelajaran Partisipatori di Perguruan Tinggi. Malang: UIN Malang Pers, 2006.

Suryosbroto. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Syaiful Bahri, Djamara. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Jakarta: Rineka Cispta, 2005.

Thoha, Chabib dkk. Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Fak Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang dan Pustaka, 2004.

Thoha, Chabib Thoha, dkk. Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Fak tarbiyah IAIN WAli Songo Semarang dan Pustaka belajar, 2004.

Usman M. Basyirul Usman. Metodologi Pembelajaran Agama Islam Jakarta: Ciputat Pers, 2007.

Yasin, A. Fatah. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN Malang Press, 2008.

Diterbitkan

2018-06-07

Terbitan

Bagian

Artikel