Studi Komparasi Tingkat Motivasi Belajar antara Mahasiswa yang Berasal dari Dalam dan Luar Daerah di Unipdu Jombang
Keywords:
Komparatif, motivasi belajar, asal daerah.Abstract
Motivasi adalah salah satu hal yang sangat penting dalam proses belajar. Keadaan motivasi tiap mahasiswa berbeda. Hal ini menjadikan adanya mahasiswa yang aktif dan pasif, sehingga hal ini butuh dipecahkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat motivasi belajar antara mahasiswa yang berasal dari dalam dan luar daerah Jombang di Fakultas Agama Islam Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis penelitian ini menggunakan rumus presentase dan rumus SPSS uji t dua sampel saling bebas. Dari data penelitian dapat diketahui presentase motivasi belajar mahasiswa FAI yang berasal dari dalam Jombang sebesar 75.2%. Sedangkan motivasi mahasiswa FAI yang berasal dari luar Jombang sebesar 73.6%. Hasil analisis uji t hitung = 0.67 dan t table = 2.021 ternyata t hitung lebih kecil dari t tabel, sig. hitung = 0.103 lebih besar dari 0.05 artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Dapat disimpulkan:”tidak terdapat perbedaan tingkat motivasi belajar antara mahasiswa yang berasal dari dalam dan luar daerah Jombang di FAI Unipdu Jombang. Hal ini menunjukkan dengan adanya motivasi belajar yang tinggi dapat mendukung tercapainya tujuan utama pendidikan Islam.References
Ali Mohammad. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa, 1987.
Alqur’an dan Terjemahannya. Diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Karya Toha Putra. Semarang: Karya Toha Putra, 1989.
Amrulloh, Amrulloh. “Guru sebagai Orang Tua dalam Hadis ‘Aku Bagi Kalian Laksana Ayah.’” Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 2, no. 1 (2016).
Amrulloh, Amrulloh. “Pendidikan Habituasi Ibadah Anak: Menelusuri Validitas dan Menangkap Pesan Hadits Perintah Shalat Anak.” Didaktika Religia 4, no. 1 (2016): 1-28.
Arikunto Suharsimi. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka cipta, 1993.
Atmaja Prawira Purwa. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar Ruz Media, 2012.
Azwar Saifudin. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 1999.
B. Uno Hamzah. Teori Motivasi dan Pengaruhnya. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Djaali. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Faisal Sanapiah. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1982.
Gintings Abdorrakhman. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora, 2008.
Hadi Sutrisno. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset, 2004.
Hamalik Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Kemdiknas. 13 Januari 2017. “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online” http://kbbi.web.id/.
Kurdi Abdul Aziz Syueb. Model Pembelajaran Efektif di SD dan MI. Bandung: Pusaka Bani Quraisy, 2006.
Margono S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka cipta, 2005.
Mudjiono. Dimyati. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Muhid Abdul. Analisis Statistik (5 langkah praktis Analisis Statistik dengan SPSS for Windows). Sidorajo: Zitatama Publishing, 2012.
Nasution S. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Akasara, 2020.
Nazir Moh. Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia, 2005.
Purwanto Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Purwanto. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakrta : Pustaka belajar, 2008.
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Singarimbun Masri dan Effendi Sofiyan. 1989. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES, 1989.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Sudaryono. Metodologi penelitian pendidikan bahasa suatu pengantar dan pedoman singkat dan praktis. Yogyakarta: tp., 1994.
Sugiyono. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2006.
Syarifudin An Nawawi bin Yahya. t.th. Arbain Nawawi. Surabaya : Maktabah Kitab Hidayah.
Usman Husaini dan Setiady Akbar Purnomo. Pengantar Statistika. Jakarta : Bumi Aksara, 2008.
Unipdu. 04 Maret 2017. “Sejarah Unipdu”. http://www.unipdu.ac.id.
Yayat Hayati. Djatmiko. 2008. Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.
Abdullah Cecep. Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan PBA di Uin Suka.“Skripsi”. Fakultas Tarbiyah. UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta, 2008.
Khosmin Ali. Studi Komparasi Motivasi Belajar Biologi antara siswa yang tingga di pesantren dan rumah siswa MA Matho’ul Huda Bugel Kedung.”Skripsi”. Institut Agama Islam Negeri Walisongo, Jepara, 2011.
Maghfiroh Zamrotul. Studi Komparasi Motivasi Belajar al qur’an santri yang menggunakan metode bermain, cerita, menyanyi (BMC) dengan metode tilawati di TPQ al hikmah Miangan Mojoagung Jombang. “Skripsi” Fakultas Agama Islam Unipdu Jombang, 2016.
Masyfuatun. Studi Komparasi Belajar Mata Pelajaran Al Qur’an Hadist Antara Siswa yang Belajar di Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) dan Siswa yang tidak Belajar di Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) di Madrasah Ibtidaiyah Sambirejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. ”Skripsi”. Institut Agama Islam Negeri Walisongo, Jepara, 2017.
Silvia Jelita Mega. Skripsi Perbandingan motivasi antara siswa dari Jawa dan Luar Jawa di SMK Bagimu Negeri Semarang. “Skripsi” Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang, 2015.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.