Implementasi Metode Resitasi dan Ceramah pada Bidang Studi SKI di Madrasah Tsanawiyah
Keywords:
metode resitasi dan ceramah, prestasi belajar siswa, SKI.Abstract
Penggunaan metode yang tepat dalam pengajaran sangat penting, karena keberhasilan pengajaran tergantung kepada cocok tidaknya penggunaan metode pengajaran terhadap suatu materi yang diajarkan. Tujuan penelitian mengetahui prestasi belajar siswa sebelum dilaksanakan metode resitasi dan ceramah, penerapan metode resitasi dan ceramah, peningkatan prestasi belajar siswa bidang studi SKI setelah menggunakan metode resitasi dan ceramah di MTs Darul Hikmah Beji Jogoroto Jombang. Jenis penelitian tindakan kelas dari teori Kurt Lewin terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas VII B sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data flow model dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian prestasi belajar siswa pada pra siklus sebesar 25%, siklus I meningkat sebesar 55%, dan siklus II meningkat sebesar 85%. Maka penggunaan metode resitasi dan ceramah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang studi SKI di kelas VII B MTs Darul Hikmah Beji Jogoroto Jombang.References
Akhinah, Nurul Ummi. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Di Kelas XI Agama Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta II. “Skripsi”. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta, 2013.
Aminingsih, Lailiyah Nur. Wawancara. Jombang, 2016.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penellitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Roadakarya, 2013.
Darmadi, Hamid. Dimensi-Dimensi Metode Penelitian Pendidan dan Sosial Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2013.
Djamarah, Syaiful Bahri. & Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Fajriyah, Khasunatul. Penerapan Metode Permianan Kelompok Bergerak Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV A Pada Mata Pelajaran IPA Di MI Darul Ulum Mojodadi Selorejo Mojowarno Jombang Tahun Ajaran 2015/2016. “Skripsi”. Fakultas Agama Islam. Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum. Jombang, 2016.
Hakim, Dhikrul. Psikologi Belajar Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Erhata Utama, 2016.
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Hamdayama, Jumanta. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkreatif. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
Hamdu, Gullam. & Lisa Agustina. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar (Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas IV SDN Taruma Negara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). “Jurnal Pendidikan”, 2012.
Hamiyah, Nur. & Mohammad Jauhar. Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2014.
Hanafi, M. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama Islam, 2012.
Iskandar. Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Ciputat: Gaung Persada, 2009.
Ismail. 2009. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM (Semarang: Rasail Media Group, 2009.
Iza, Halida. Implementasi Metode Snowball Throwing Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Khairiyah Mojokerto Tahun Pelajaran 2012-2013. “Skripsi”. Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang, 2013.
Karwati, Euis. & Donni Juni Priansa. Manajemen Kelas (Classroom Management): Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta, 2014.
K, Roestiyah N. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2001.
Kusuma, Wijaya. Dedi Dwitagama. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks, 2012.
Laba, Iwayan. Pengaruh Metode Resitasi Tugas Dan Motivasi Belajar Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMA Negeri I Manggis. “Jurnal Ilmiah”. Universitas Pendidikan Garetha Singaraja, 2012.
Mahbub, Hanan. Aplikasi Metode Resitasi Dalam Pengajaran Al-Qur’an Di SMA Muhammadiyah 2 Mojoagung Jombang. “Skripsi”. Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum. Fakultas Agama Islam. Jombang, 2009.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penellitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Mudlofir, Ali. & Evi Fatimatur Rusydiyah. Desain Pembelajaran Inovatif: Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
Mufarrokah, Anisatul. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras, 2009.
Rosita, Maya. Penerapan Metode Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas IV A Di MI Fathul Huda Jombang Tahun Pelajaran 2013-2014. “Skripsi”. Fakultas Agama Islam. Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum. Jombang, 2014.
Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta, 2009.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2006.
Setyanto, N Ardi. Panduan Sukses Komunikasi Belajar-Mengajar. Jogjakarta: Diva Press, 2014.
Siregar, Eveline. & Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
Soemanto, Wasty. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Sofia, Chaerul Rizki. Dkk. Penggunaan Metode Resitasi Dengan Bahan Ajar Leaflet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas III SD Negeri I Grenggeng Tahun Ajaran 2013/2014. “Jurnal Pendidikan”. Universitas Sebelas Maret, 2017.
Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2005.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Syarifuddin, M. Heru. Peningkatan Prestasi Belajar Fiqih Bab Haji Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtida’iyah Tarbiyatul Aulad Bandung Diwek Jombang Tahun Pelajaran 2015/2016. “Skripsi”. Fakultas Agama Islam. Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum. Jombang, 2016.
Uno, Hamzah B. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Widyaningsih, Sri Yani. Dkk. Model MTI dan POGIL ditinjau dari Aktivitas Belajar Dan Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar. “Jurnal Inkuiri”. Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2012.
Yusmandi. Dkk. Penerapan Metode Resitasi Berwawasan Lingkungan Dalam Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar Fisika Siswa SMP Negeri 2 Padang. “Jurnal Penelitian”. Universitas Negeri Padang, 2012.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.