Hubungan Model Pembelajaran dengan Tingkat Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah
Kata Kunci:
Hubungan model pembelajaran, tingkat pemahaman siswa.Abstrak
Banyak faktor mempengaruhi model pembelajaran guru, di antaranya waktu digunakan guru untuk menjelaskan materi ke siswa. Pengetahuan akan berguna dalam proses pembelajaran Salah satu aktivitas belajar adalah adanya perubahan tingkah laku pada siswa.Tujuan penelitian mengetahui tingkat pemahaman siswa, korelasi antara model pembelajaran guru dengan tingkat pemahaman siswa di MTs Plus Darul’Ulum Rejoso Peterongan Jombang. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan angket.Teknik analisis menggunakan rumus prosentase dan product moment, sampel penelitian 30 responden. Prosentase model pembelajaran guru63%. Tingkat pemahaman siswa 64,9%. Hasil analisis data product moment diperoleh = 0,065 untuk taraf kesalahan ditetapkan 5% dan taraf kepercayaan ditetapkan 95%. Jika N = 30, maka r tabel = 0,361. Ternyata >maka H0 ditolak, Ha diterima.Sesuai tabel interprestasi koefisien korelasi nilai 0,065 masuk kategori sedang. Dapat disimpulkan terdapat hubungan model pembelajaran guru dengan tingkat pemahaman siswa di MTs Plus Darul’Ulum Rejoso Peterongan Jombang.Referensi
Ahmad, Tanzeh. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras, 2011.
Amat, Mukadis. Moenilabib dkk. Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu. Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Aunurrahman. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2013.
Djamarah, Syaiful Bahri. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Fitriyah, Khasunatul. “Penerapan Metode Pemahaman Kelompok Bergerak Denagn Media Gambar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV A Pada Mapel IPA di MI Darul ‘Ulum mojodadi sokorejo Mojowarno Jombang tahun pelajaran 2015/2016, 2016.
Gede, Putra Adnyana. “Keterampilan Berfikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Model Siklus Belajar Hipotesis Deduktif Dalam Mata Pelajaran Kimia”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2012.
Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.
Hamid, Abdul. “Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Garis Dan Sudut Melalui Penerapan Metode Penerapan Terbimbing. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2008.
Heri, Susiyanto. “Pengaruh Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Metematika.”Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2009.
Hidayat, Arifudin. “Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2007.
Kusuma, Wijaya dan Dwitagama, Dedi. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks, 2010.
Maersetyo, Rahadi dan Subana dkk. Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Perindo.
Moleong, Lexy J. “Metodologi Peneliitian Kualitatif” Bandung;remaja rosdakarya, 2005.
Munandir. Belajar Dan Membelajarkan. Jakarta: Rajawali, 1991.
Nur, Ghufron dan Rini, Risnawati. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yokyakarta : Pustaka Belajar, 2013.
Pribadi, Benny. Model Desain Sistem Pemebelajaran. Jakarta: Dian Rakyat, 2011.
Putra, Miftakhul Ilmi Suwignya, M. Ansor Anwar, Mujianto Solichin, dan Amrulloh Amrulloh. “Efektivitas Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Model Immersed untuk Meningkatkan Respons Belajar Mahasiswa PGMI.” Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 4, no. 1 (2018): 91-102.
Rohani, Ahmad. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.
Sanapiah, Faisal. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Sani, Berlin dan Kurniasih, Imas. “Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru” Bandung: Kata Pena, 2015.
Sudjana, Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sudrawan, Danim. Pengembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta, 2010.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2015.
Sugiyono. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung; Remaja Rosdakarya, 2009.
Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.
Syarifuddin, M. Heru. “Peningkatan Prestasi Belajar Fiqih Bab Haji Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas V Madrasah Intidai’iyah Tarbiyah Aulad” Bandung Diwek Jombang. Skripsi. Unipdu Jombang, 2016.
Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Dan Progresif. Jakarta: PT. Fajar Interpertama Mandiri, 2012.
Wina, Sanjaya. “Kurikulum Dan Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2008.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.