Peran Manajemen terhadap Eksistensi Ekstrakurikuler Qiraat Alquran di Madrasah Tsanawiyah

Penulis

  • Lilis Hidayati
  • Ainaul Mardliyah

Kata Kunci:

Manajemen, Eksistensi, Ekstrakurikuler, Qiraat Alquran.

Abstrak

Manajemen adalah kegiatan untuk mendayagunakan sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta berbagai potensi yang tersedia, atau yang dapat disediakan, untuk digunakan secara efisien dan efektif dalam mencapai tujuan suatu organisasi atau lembaga. Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan pengembangan diri dan merupakan upaya pembentukan watak siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen, eksistensi ekstrakurikuler qiraat Alquran, dan peran manajemen terhadap eksistensi kegiatan ekstrakurikuler qiraat Alquran di Madrasah Tsanawiyah Babussalam Tambar Jogoroto Jombang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pola penelitian masalah yaitu penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara yang dilakukan kepada pihak yang dianggap sebagai pemberi informasi mengenai manajemen terhadap eksistensi ektrakurikuler qiraat. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwasannya manajemen berperan penting dalam kegiatan ekstrakurikuler qiraat khususnya dalam eksistensinya. Hal ini dibuktikan dengan adanya manajemen yang baik, ekstrakurikuler qiraat berjalan dengan baik serta mampu mempertahankan eksistensi ekstrakurikuler tersebut.

Referensi

Amidhan, dkk. Pedoman Pelatihan Tilawatil Qur’an (Surabaya: Bidang PAI pada Masyarakat dan Pemberdayaan Masjid Kanwil Departemen Agama Propinsi Jawa Timur, 2003), 5. Amrulloh, Amrulloh. “Tawaran Komplementer Hadis Nabi Untuk Gagasan “The Right Man On The Right Job”: Penelitian dan Pemahaman Hadis ‘Idhā Wussida al-Amr ila Ghayri Ahli-hi fa-Intaẓir al-Sā ‘ah.’” Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 1, no. 2 (2016): 312-335. Angeli, Monica. “Pembinaan Kesiswaan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler,” Jurnal Improvement in Kesiswaan SMP dan MTs 1, no. 01 (Maret 2014). Arifah, Nur. “Manajemen Pembelajaran Ekstrakurikuler,” Jurnal Penelitian dan Kajian Keislaman 4, no. 1 (Juni 2016). Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011), 168. Arsyad, Azhar. Pokok Pokok Manajemen; Pengetahuan Praktis Bagi Pimpinan Dan Eksekutif (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, t. tt), 19-20. Ash-Shaabuuniy, Muhammad. Studi Ilmu Al-Qur’an (Bandung: CV. Pustaka Setia, 1999), 15. Chumaidi, Moch. “Mengoptimalkan Peran Manajemen Organisasi dalam Pengelolaan Perguruan Tinggi,” Jurnal Sains dan Teknologi 5, no.1 (Maret 2012). Fattah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001), 2. Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008), 27. Handoko, T. Hani. Manajemen (Yogyakarta: BPFE, 2003), 2. Hidayat, Samson. “Manajemen Peningkatan Prestasi Ekstrakurikuler PAI MI Negeri Kerang Bondowoso,” Jurnal Review Pendidikan Islam 01, no. 1 (Juni 2014). Ihsan, Fuad. Filsafat Ilmu (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2015), 180. Ismanto, Kuat. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Eksistensi BMT/BTM di Pekalongan,” Jurnal Litbang 9, no. 01. (2015): 76. Laili, Nur Haniif. Peran Lembaga Tilawatil Qur’an Jawa Tengah dalam Meningkatkan Prestasi Tilawatil Qur’an Bagi Qori’ dan Qori’ah Tahun 2005-2010 (Skripsi. IAIN Walisongo Semarang, 2010), 39. Machfudloh, Devi Nurul. Pengaruh Ekstrakulikuler Qiro’ah Terhadap Hasil Belajar PAI di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo (Skripsi, Universitas Islam Negeri Surabaya, 2016). Maunah, Binti. Ilmu Pendidikan (Yogyakarta: Teras, 2009), 7. Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2006), 208. Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1987), 6. Putra, Nusa, dan Ninin Dwilestari. Penelitian Kualitatif PAUD (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2012), 89. Sudjana, Djudju. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006), 2. Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2015), 92. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2006), 14. Syafrizal, Fakhri. “Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Manajemen Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Plus Islam Excellent Bukittingi,” Jurnal Mnajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan 1, no. 2 (Juli-Desember 2016). Ubaidah, Siti. “Manajemen Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Mutu Sekolah,” Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2014). Yacoeb, M. “Konsep Manajemen dalam Perspektif Al-Qur’an: Suatu Analisis dalam Bidang Administrasi Pendidikan,” Jurnal Ilmiah Didaktika 14, no. 1 (Agustus 2013).

Diterbitkan

2019-12-01

Terbitan

Bagian

Artikel