Implementasi Pendekatan Proses Kelompok dalam Pengelolaan Kelas Siswa Madrasah Tsanawiyah

Penulis

  • Umi Nadhifah
  • Mukhlisin Mukhlisin

Kata Kunci:

Pendekatan Proses Kelompok, Mata Pelajaran Fikih, Pengelolaan Kelas.

Abstrak

Pembelajaran Fikih cenderung membosankan yang mengakibatkan anak kurang berkonsentrasi sehingga banyak anak yang keluar masuk pada jam pelajaran sehingga kondisi kelas tidak kondusif. Tujuannya mengetahui suasana kondisi kelas saat pembelajaran sebelum dan sesudah dilaksanakan implementasi pendekatan proses kelompok. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis menggunakan flow model. Metode penelitian yang digunakan, metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, tiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan pada pra siklus dengan suasana kelas masih belum kondusif, dilihat dari persentase dari hasil observasi suasana kelas 13%, pada siklus 1 suasana kelas mengalami peningkatan nilai persentase mencapai 48%, pada siklus 2 suasana kelas dapat dikatakan kondusif dan hasil sesuai yang diharapkan yakni persentase mencapai 91%.

Referensi

Afifi, John. Inovasi-inovasi Kreatif Manajemen Kelas dan Pengajaran Efektif (Jogjakarta: Diva Press, 2014).

Amrulloh, Amrulloh. “Guru sebagai Orang Tua dalam Hadis ‘Aku Bagi Kalian Laksana Ayah.’” Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 2, no. 1 (2016) : 70-91.

Amrulloh, Amrulloh. “Pendidikan Habituasi Ibadah Anak: Menelusuri Validitas dan Menangkap Pesan Hadits Perintah Shalat Anak.” Didaktika Religia 4, no. 1 (2016): 1-28.

Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta: 2006).

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2006).

Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).

Hasanah, Nur. “Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah al-Kautsar Depok,” (Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2015), 07.

Helmiati. Micro Teaching Melatih Ketrampilan Dasar Mengajar (Yogyakarta: Aswaja Presindo, 2013).

Karwati, Euis, dan Doni Juni Priansah, Manajemen Kelas Classroom Management (Bandung: Alfabeta, 2015).

Kusuma, Wijaya, dan Dedi Dwitagama, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta: PT. Indeks, 2012).

Muttaqin. “Implementasi Keterampilan Pengelolaan Kelas Dalam Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri Mraggen,” (Skripsi Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang, 2009).

Nata, Abuddin. Prespektif Islam tentang Strategi Pembelajaran (Jakarta: Kencana, 2009).

Putra, Miftakhul Ilmi Suwignya, M. Ansor Anwar, Mujianto Solichin, dan Amrulloh Amrulloh. “Efektivitas Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Model Immersed untuk Meningkatkan Respons Belajar Mahasiswa PGMI.” Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 4, no. 1 (2018): 91-102.

Rohani Ahmad, dan Abu Ahmadi, Pedoman Penyelenggara Administrasi Pendidikan Sekolah (Jakarta: Bumi Aksara, 1991).

Rukmana, Ade, dan Asep Suryana. Pengelolaan Kelas (Bandung: UPI Press, 2006).

Siddiq, Sapiudin. Usul Fiqih (Jakarta: Kencana, 2011).

Sudjana. Metode Statistika (Bandung: Tarsito, 2005).

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Bandung: CV. Alfabeta, 2010).

Sukidin., dkk. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas (t.k: Insan Cidekia, 2006).

Syafe’i, Racmat. Ilmu Usul Fiqih (Bandung: CV. Pustaka Setia, 2010).

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (Jakarta: Kencana, 2009).

Wahab, Abdul Aziz. Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Bandung: Alfabeta, 2007).

Diterbitkan

2019-12-01

Terbitan

Bagian

Artikel