SUMBER AUTENTIK DAN NON-AUTENTIK DALAM TAFSIR AL-QUR'AN
Kata Kunci:
Tafsir, Sumber Tafsir, al-A??l, al-Dakh?lAbstrak
Artikel ini membahas seputar sumber autentik (al-a??l) dan sumber non-autentik (al-dakh?l) dalam tafsir al-Qur’an. Pembahasan ini menjadi penting karena kuatlitas interpretasi terhadap ayat al-Qur’an tergantung sumber tafsir yang digunakan. Berdalih tafsir sebagai usaha manusia untuk memahami firman Allah, banyak mufasir yang tidak memperhatikan sumber tafsir yang digunakan, sehingga terjebat dengan sumber-sumber yang seharusnya tidak boleh digunakan dalam tafsir al-Qur’an, seperti berita-berita masa lalu yang bersumber dari orang Yahudi dan Nasrani dan Hadis palsu. Penggunaan sumber seperti ini semakin menjauhkan tafsir dari makna yang dikehendaki al-Qur’an sendiri. Dari pembahasan ini diketahui bahwa sumber autentik tafsir al-Qur’an adalah:al-Qur’an, Hadis sahih, pendapat sahabat, pendapat tabiin, bahasa Arab dan Ijtihad. Sedangkan sumber tafsir yang tidak autentik meliputi Isr??lliy?t dan hadis maw??’.
This article discusses about original and non-authentic source of Qur’anic interpretation. The discussion is important due to the used of qur’anic commentary resources to get interpretation quality of ayat in Qur’an. Many commentators did not pay attention to Qur’anic interpretation source used. Although, they stated to use these sources to understand the word of God, thus they stuck on non authentic one such as fabricated hadith, the past stories from the jews and christian. The used of such resources will increasingly alienate interpretation meaning of Qur’an. Based on the discussion, the original and authentic source of qur’anic interpretation are Qur’an, sahih hadith, Muhammad’s companion, tabi’in, Arabic and ijtihad. Meanwhile non-authentic involve Isr??lliy?t and maw??’ hadith.
Referensi
Abd al-Qa>dir, Jum’ah ‘Ali>. Al-Dakhi>l baina al-Dira>sah al-Manha>jiyyah wa al-Nama>dhij al-Tat}bi>qiyyah. Kairo: al-Azhar University, 2006.
Ara>m, Muh}ammad Sa’i>d Muh}ammad ‘At}iyah. Al-Sabi>l ila> Ma’rifat al-As}i>l wa al-Dakhi>l fi> al-Tafsi>r. Kairo:Universitas al-Azhar, 1998.
Bukha>ri> (al), Muh}ammad b. Isma>’i>l. Al-Ja>mi’ al-S{ah}i>h}. Kairo: al- Salafiyah, 1400 H.
Dhahabi> (al), Muh}ammad H{usayn. Al-Isra>i>liyyāt fi> al-Tafsi>r wa al-H{adi>th. Kairo; Maktabah Wahbah, 2004.
__________, Muh}ammad H{usayn. Al-Tafsi>r wa al-Mufassiru>n. Kairo: Maktabah Wahbah, t.th.
Dimshaqi> (al), Isma>’i>l b. Kathi>r. Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Az}i>m. Giza: Mu’assasah Qurt}ubah, t.th.
Hashi>m, Ah}mad ‘Umar. Qawa>’id Us}u>l al-H{adi>th. Giza: Higher Institute of Islamic Studies, 2008.
Khaldu>n, Abd al-Rah}ma>n b. Muh}ammad. Muqaddimah Ibn Khadu>n. Kairo: al-Hay’ah al-Misriyyah al-‘Ab, 2006.
Khali>fah, Ibrahi>m. Dira>sa>t fi> Mana>hij al-Mufassiri>n. Kairo: al-Azhar University, t.th.
Khu>li> (al), Ami>n. Mana>hij Tajdi>d fi> al-Nah}w wa al-Bala>ghah wa al-Tafsi>r wa al-Ab, 2003.
Najja>r (al), Jama>l Mus}ṭafa>. Uṣu>l al-Dakhi>l fi> Tafsi>r Ay al-Tanzi>l. Kairo; al-Azhar University, 2001.
Qard}awi> (al), Yu>suf. Kayf Nata’a>mal ma’a al-Qur’a>n al-‘Ad}i>m. Kairo: Da>r al-Shuru>q, 2007.
Qat}t}a>n (al), Mana>’ Khali>l. Maba>h}is fi> ‘Ulu>m al-Qur’a>n. Kairo: Maktabah Wahbah, t.th.
Shuhbah, Muh}ammad b. Muh}ammad Abu>. Al-Isra>’i>liyya>t wa al-Maud}u>’a>t fi> Kutub al-Tafsi>r. Kairo: Maktabah al-Sunnah, 1971..
Suyu>t}i> (al), Jala>l al-Di>n. Al-Itqa>n fi> ‘Ulu>m al-Qur’a>n. Madinah: Majma’ al-Malik Fahd, t.th.
T{aḥḥa>n (al), Mah}mu>d. Taysi>r Musṭala>h} al-H{adi>th. Iskandariyah: Markaz al-Huda> li al-Dira>sa>t, 1993.
Ṭabari> (al), Abu> Ja’far b. Jari>r. Jāmi’ al-Baya>n ‘an Ta’wi>l Ay al-Qur’a>n. Kairo; Markaz al-Buh}u>th wa al-Dira>sāt al-‘Arabiyyah wa al-Islāmiyyah, 2001.
Taymiyyah, Ah{mad b. Abd al-H{ali>m b. Muqaddimah fi> Us}u>l al-Tafsi>r. Kairo: Maktabah al-Sunnah, 2003.
Zaqa>ni> (al), Muh}ammad ‘Abd al-‘Az}i>m. Mana>hil al-‘Irfa>n fi> ‘Ulu>m al-Qur’a>n. Beirut: Dar al-Kita>b al-‘Arabi>, 1995.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah?Creative Commons Attribution License?yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat?Efek Akses Terbuka).