SEJARAH MUSHAF 'UTHMANI (MELACAK TRANFORMASI AL-QUR'AN DARI TEKS METAFISIK SAMPAI TEXTUS RECEPTUS)
Kata Kunci:
Sejarah al-Qur'an, Mushaf 'Uthmani, Teks StandarAbstrak
Al-Qur'an diwahyukan kepada Nabi Muhammad dalam bentuk oral, tidak dalam bentuk teks mushaf yang bisa dibaca. Namun dalam perkembangannya, al-Qur'an tersebar di kalangan umat Islam dewasa ini dalam bentuk teks tercetak dilengkapi dengan tanda baca dan diakritikal untuk memudahkan bagi pembacanya. Sampai menjadi teks standar (textus seceptus) saat ini, al-Qur'an menghabiskan waktu yang panjang dan melibatkan banyak ulama lintas generasi. Perkembangan itu dibagi menjadi lima periode, yaitu: periode oral, periode kodifikasi, periode penyempurnaan tanda baca dan diakritikal, periode cetak dan periode teks standar al-Qur’an pada tahun 1923 yang kerjakan oleh Tim dari Universitas al-Azhar Mesir. Semua periode ini hanyalah usaha ulama untuk memberikan tanda baca saja, sehingga al-Qur'an mudah dibaca, tidak merubah teks aslinya, sebagaimana dituduhkan oleh sebagian sarjana Barat.
Allah gave the oral revelation to Prophet Muhammad, not in written manuscript. However, during the development, Quran has been spread in printed text with diacritical and punctuation sign for easier to read. Moreover, many ulema across generation have spent unlimited time to make the recent standard text of Quran. The development was divided into five period; they are oral, codification, refinement of punctuation and diacritical, printed, and standard text period that was done by a Al Azhar University of Egypt team in 1923. All of the period were some information of how the ulema give the punctuation for the Quran to be easy to read and not to change the original text as alleged by some western scholar.
Referensi
A’z}ami> (al), Muh}ammad Must}afa>. Sejarah Teks al-Qur'an (Edisi Digital) Tt.: tp., t.th.
Armas, Adnin. Metodologi Bible dalam Studi al-Qur'an (Edisi Digital). Jakarta: Gema Insani Pers, 2005.
Fashu>kh, Muh}ammad Ami>n. Madkhal ila> `Ulu>m al-Qur'a>n. Beirut: Da>r al-Fikr al-`Arabi>, 1990.
Sa>lih}, S{ubh}i>. Maba>his fi> `Ulu>m al-Qur'a>n. Beirut: Da>r al-‘Ilm li Mala>yi>n, 2005.
Suyu>t}i> (al), Jala>l al-Di>n. Al-Itqa>n fi> `Ulu>m al-Qur'a>n, Ed. Kha>lid al-At}t}a>r. Beirut: Da>r al-Fikr, 1999.
__________, Ta>ri>kh al-Khulafa>'. Tt.: Maktabah Syamilah, t.th.
Zarkasi> (al), ‘Abd Allah. Al-Burha>n fi> `Ulu>m al-Qur'a>n, Ed. Abu> Fad}l al-Dimya>ti>. Kairo: Da>r al-Sala>m, 2006.
Zarqa>ni> (al), Muh}ammad ‘Abd al-Az}i>m. Mana>hil al-`Irfa>n fi> `Ulu>m al-Qur'a>n, Ed. Ah}mad b. ‘Ali>. Kairo: Da>r al-H{adi>th, 2001.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah?Creative Commons Attribution License?yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat?Efek Akses Terbuka).