PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN (PETA SEJARAH) DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA
Abstract
Siswa menghadapi kesulitan memahami materi IPS tentang peninggalan sejarah akibat metode pembelajaran yang monoton dan kurang bervariasi, yang berdampak pada minat dan pemahaman mereka. Untuk mengatasi hal ini, peneliti mengembangkan media Arah dengan tujuan mengimplementasikan dan menganalisis efektivitasnya terhadap pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Pada uji coba I, rata-rata nilai pretest dan posttest masing-masing adalah 62,3 dan 72,3. Pada uji coba II, hasil observasi menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dengan rata-rata pretest 70,3 dan posttest 92. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa media Arah valid dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai peninggalan sejarahSiswa menghadapi kesulitan memahami materi IPS tentang peninggalan sejarah akibat metode pembelajaran yang monoton dan kurang bervariasi, yang berdampak pada minat dan pemahaman mereka. Untuk mengatasi hal ini, peneliti mengembangkan media Arah dengan tujuan mengimplementasikan dan menganalisis efektivitasnya terhadap pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Pada uji coba I, rata-rata nilai pretest dan posttest masing-masing adalah 62,3 dan 72,3. Pada uji coba II, hasil observasi menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dengan rata-rata pretest 70,3 dan posttest 92. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa media Arah valid dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai peninggalan sejarah.
Downloads
Views: 97 | Downloads: 51
Published
Issue
Section
License
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah?Creative Commons Attribution License?yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat?Efek Akses Terbuka).