PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN (KARTU POSNAGET) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI BILANGAN BULAT SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Ilmi Suwigya Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang-Indonesia
  • Kusuma Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang-Indonesia
  • Luthfi Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang-Indonesia

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan media kartu posnaget untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran matematika di MI Al Istiqlal Lawak Ngimbang Lamongan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, mengikuti model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian terdiri dari 19 siswa. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil pra-siklus menunjukkan hanya 7 siswa tuntas dengan rata-rata 61,57% dan ketuntasan 36,9%. Pada siklus I, terjadi peningkatan dengan rata-rata 89,47% dan ketuntasan 84,2%, sedangkan pada siklus II, ketuntasan mencapai 100% dengan rata-rata 95,78%. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu posnaget efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di MI Al Istiqlal.

Downloads

Published

2025-04-17

Issue

Section

Artikel