PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN (KARTU POSNAGET) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI BILANGAN BULAT SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH
Abstract
Penelitian ini mengkaji penerapan media kartu posnaget untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran matematika di MI Al Istiqlal Lawak Ngimbang Lamongan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, mengikuti model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian terdiri dari 19 siswa. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil pra-siklus menunjukkan hanya 7 siswa tuntas dengan rata-rata 61,57% dan ketuntasan 36,9%. Pada siklus I, terjadi peningkatan dengan rata-rata 89,47% dan ketuntasan 84,2%, sedangkan pada siklus II, ketuntasan mencapai 100% dengan rata-rata 95,78%. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu posnaget efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di MI Al Istiqlal.
Downloads
Views: 105 | Downloads: 55
Published
Issue
Section
License
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah?Creative Commons Attribution License?yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat?Efek Akses Terbuka).