PERENCANAAN IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 JOMBANG

Authors

  • Ali Muhsin Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang-Indonesia
  • Bakri Bakri Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang-Indonesia
  • Hani Zubaidah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang-Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan sekolah ramah anak di MAN 2 Jombang. Program ini menekankan hak anak dengan memberikan keamanan dan kebebasan berekspresi. Kebijakan sekolah ramah anak harus mencakup tiga aspek utama: Provisi (perlengkapan), Proteksi (perlindungan), dan Partisipasi (pengikutsertaan). Implementasi di MAN 2 mencerminkan program ramah anak di pesantren dengan menerapkan sikap sopan santun kepada guru dan teman. Konsep ini berfokus pada kepentingan terbaik bagi anak, mendukung pengembangan minat dan bakat mereka. MAN 2 Jombang dipilih sebagai sampel penelitian untuk mewakili pesantren ramah anak Darul Ulum Jombang. Penelitian ini merupakan studi kualitatif yang melibatkan guru, bimbingan konseling, waka kesiswaan, dan waka kurikulum yang telah mengikuti pelatihan SRA. Hasil menunjukkan bahwa upaya mereka masih terbatas pada lingkup internal, dengan pengembangan program dan fasilitas pendukung yang minim. Namun, pihak sekolah telah menyusun rencana untuk merealisasikan sekolah ramah anak di MAN 2 Jombang agar dapat diimplementasikan secara efektif.

Downloads

Published

2025-04-17

Issue

Section

Artikel