PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF ZAKIAH DARADJAT
Abstract
Tujuan pendidikan Islam berfungsi sebagai landasan dalam penyelenggaraan pendidikan, sementara metode pengajaran adalah teknik yang digunakan untuk mencapainya. Lembaga pendidikan perlu memiliki tujuan yang dapat membentuk generasi yang beriman, takwa, dan tangguh dalam menghadapi tantangan serta mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Artikel ini menganalisis pandangan Zakiah Daradjat, seorang pakar pendidikan Islam, mengenai tujuan dan metode pengajaran. Tujuan artikel ini adalah untuk (1) menjelaskan tujuan pendidikan Islam menurut Zakiah Daradjat, dan (2) menguraikan metode pengajaran yang diusulkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain kepustakaan, mengumpulkan dan menganalisis dokumen terkait. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) tujuan pendidikan Islam yang diidentifikasi oleh Zakiah Daradjat, termasuk tujuan umum, akhir, sementara, dan operasional, tetap relevan dengan kurikulum 2013 (K-13), dan (2) metode pengajaran yang diajukan masih efektif dan dapat bersaing dengan metode baru di abad 21
Downloads
Views: 89 | Downloads: 63
Published
Issue
Section
License
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah?Creative Commons Attribution License?yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat?Efek Akses Terbuka).