PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF ZAKIAH DARADJAT

Authors

  • M. Yahya Ashari Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang-Indonesia
  • Amrulloh Amrulloh Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang-Indonesia
  • Javi Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang-Indonesia
  • Arifin Arifin Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang-Indonesia

Abstract

Tujuan pendidikan Islam berfungsi sebagai landasan dalam penyelenggaraan pendidikan, sementara metode pengajaran adalah teknik yang digunakan untuk mencapainya. Lembaga pendidikan perlu memiliki tujuan yang dapat membentuk generasi yang beriman, takwa, dan tangguh dalam menghadapi tantangan serta mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Artikel ini menganalisis pandangan Zakiah Daradjat, seorang pakar pendidikan Islam, mengenai tujuan dan metode pengajaran. Tujuan artikel ini adalah untuk (1) menjelaskan tujuan pendidikan Islam menurut Zakiah Daradjat, dan (2) menguraikan metode pengajaran yang diusulkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain kepustakaan, mengumpulkan dan menganalisis dokumen terkait. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) tujuan pendidikan Islam yang diidentifikasi oleh Zakiah Daradjat, termasuk tujuan umum, akhir, sementara, dan operasional, tetap relevan dengan kurikulum 2013 (K-13), dan (2) metode pengajaran yang diajukan masih efektif dan dapat bersaing dengan metode baru di abad 21

Downloads

Published

2025-04-17

Issue

Section

Artikel