IMPLEMENTASI PROGRAM MADRASAH DINIYAH DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL HIDAYAH PAKIS TROWULAN MOJOKERTO

Authors

  • Muhammad Syafi’i Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang-Indonesia
  • Ayu Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang-Indonesia
  • Wijaya Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang-Indonesia

Abstract

Implementasi Program Madrasah Diniyah di Pondok pesantren Roudlotul Hidayah Desa Pakis Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang Program Madrasah Diniyah di Pondok Pesantren Roudlotul Hidayah, Mengetahui kendala yang ada dalam Program Madrasah Diniyah di Pondok Pesantren Roudlotul Hidayah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi,. Penelitian ini menghasilkan pelaksanaan program madrasah diniyah dalam meningkatkan pemahaman ilmu agama, dengan cara santri mengikuti pengajian kitab-kitab klasik yangsesuai dengan tingkatan kelas masing-masing serta menggunakan metode sorogan, wetonan, dan hafalan. Sehingga proses ini mampu membentuk kepribadian santri dalam aklhlakul karimah dan adanya sifat keteladanan. Adapun implementasi program Madrasah Diniyah sebagai kegiatan untuk mempermudah santri dalam hal memperdalam ilmu agama. Hambatan atau kendala di madrasah diniyah ini yaitu santri terlambat ketika mau memasuki proses pembelajaran, kemudian guru (asatidz) yang kurang disiplin dan kerjasama yang kurang karena ada kepentingan pribadi. Dampak keberhasilan dari madrasah diniyah ini yaitu santri lebih tanggung jawab dan terjalinnya hubungan yang harmonis antara para guru dengan santri, maupun sesama antar guru

Downloads

Published

2025-04-17

Issue

Section

Artikel