IMPLEMENTASI PROGRAM MADRASAH DINIYAH DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL HIDAYAH PAKIS TROWULAN MOJOKERTO
Abstract
Implementasi Program Madrasah Diniyah di Pondok pesantren Roudlotul Hidayah Desa Pakis Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang Program Madrasah Diniyah di Pondok Pesantren Roudlotul Hidayah, Mengetahui kendala yang ada dalam Program Madrasah Diniyah di Pondok Pesantren Roudlotul Hidayah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi,. Penelitian ini menghasilkan pelaksanaan program madrasah diniyah dalam meningkatkan pemahaman ilmu agama, dengan cara santri mengikuti pengajian kitab-kitab klasik yangsesuai dengan tingkatan kelas masing-masing serta menggunakan metode sorogan, wetonan, dan hafalan. Sehingga proses ini mampu membentuk kepribadian santri dalam aklhlakul karimah dan adanya sifat keteladanan. Adapun implementasi program Madrasah Diniyah sebagai kegiatan untuk mempermudah santri dalam hal memperdalam ilmu agama. Hambatan atau kendala di madrasah diniyah ini yaitu santri terlambat ketika mau memasuki proses pembelajaran, kemudian guru (asatidz) yang kurang disiplin dan kerjasama yang kurang karena ada kepentingan pribadi. Dampak keberhasilan dari madrasah diniyah ini yaitu santri lebih tanggung jawab dan terjalinnya hubungan yang harmonis antara para guru dengan santri, maupun sesama antar guru
Downloads
Views: 84 | Downloads: 51
Published
Issue
Section
License
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah?Creative Commons Attribution License?yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat?Efek Akses Terbuka).