PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI MOJOAGUNG JOMBANG

Authors

  • Nur Ulwiyah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang-Indonesia
  • Endah Rohmatin Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang-Indonesia
  • Mukhlisin Mukhlisin Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang-Indonesia
  • Mia Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang-Indonesia

Abstract

Latar belakang pendidikan seorang pendidik sangat penting dalam mewarnai gaya dan  kemampuan pendidik kepribadian merupakan unsur pembentuk  karakter  Kepribadian  manusia  untuk  mencerminkan kepribadian yang baik. Pada implementasi di dunia pendidikan, kompetensi kepribadian memiliki pengaruh yang besar terhadap perilaku yang ditunjukkan seorang pendidik sebagai sosok nyata dalam memberikan teladan kepada peserta didik melalui tingkah laku yang ditunjukkannya. Tujuan  Penelitian  ini  adalah  mendeskripsikan  seberapa  besar  pengaruh latar pendidikan terhadap kompetensi kepribadian Pendidik PAI di SMKN Mojoagung. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan diskriptif kuantitatif, dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan produck moment. Hasil penelitian yang telah dilakukan dari jumlah responden lima pendidik Agama Islam yang telah diperoleh hasil nilai signifikan adalah 0, 104 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh latar belakang pendidikan, tidak ada pengaruh terhadap kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di SMKN Mojoagung

Downloads

Published

2025-04-17

Issue

Section

Artikel