Integrasi Pendidikan Pravokasional Sebagai Upaya Menyiapkan Lulusan yang Mandiri Di Era Global
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Mengembangkan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual serta membekali lulusan dengan keterampilan hidup merupakan tujuan pendidikan nasional. Penerapan pendidikan keterampilan pada kurikulum sekolah menengah atas dapat menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang produktif di era global, sehingga diharapkan dapat menekan angka pengangguran. Makalah ini ditulis dengan tujuan untuk mengaktualisasikan penerapan pendidikan kecakapan hidup dalam kurikulum agar proses belajar mengajar mampu menghasilkan tenaga-tenaga yang terampil dan sesuai dengan tuntutan pasar. Pendidikan kecakapan hidup mencakup lima kecakapan, yaitu (1) kecakapan mengenal diri, (2) kecakapan berpikir, (3) kecakapan sosial, (4) kecakapan akademik, dan (5) kecakapan pra kejuruan. Dengan demikian, pendidikan yang berkualitas harus diupayakan dalam menyiapkan lulusan yang terampil, mandiri dan mampu bersaing di era global.
Kata kunci : Pendidikan Pravokasional, Kecakapan Hidup, Era Global
Â
Abstract
To develop intelectual, emotional and spiritual quotion as well as to provide graduates with life skills are the essence of qualified education. Implementation of educational skills within the high school curriculum is essensial in preparing productive human resources in the globalization era. Which is expected to push down the unemployment rate. This article discuses the actualization of implementation of life skills education in the curriculum in order that teaching and learning process produce skillful graduates and in confortable with market demands. Life skills education include five competences, i.e. : (1) self awareness, (2) thinking skill, (3) social skill, (4) academic skill and (5) pre-vocational skill. In conclution, a qualified education has to designed to prepare skillful graduates, as a self-contained and run against for the global competition era.
Key words : Pre-Vocational Education, Skills, Global Era