Optimalisasi Manajemen Sarana dan Prasarana sebagai Penunjang Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Berbasis Pesentren

Authors

  • Zainur Arifin Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang
  • Sani Rahmawati Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.3117

Keywords:

Manajemen Sarana dan Prasarana | Facilities and Infrastructure Management, Mutu Pembelajaran | Learning Quality, Madrasah Aliyah, Pesantren

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana optimalisasi manajemen sarana dan prasarana sebagai penunjang mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah berbasis pesentren, yaitu Madrasah Aliyah Perguruan Muallimat (MAPM) Cukir Diwek Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pengelolaan sarana dan prasarana di MAPM sudah berjalan dengan baik, mulai dari perencanaan yang dilaksanakan setiap awal tahun pelajaran baru, pengadaan, pemeliharaan, inventarisasi, serta penghapusan sarana dan prasarana pendidikan yang telah terjadwal; dan bentuk luaran produktivitas pembelajaran di MAPM bisa dilihat dari cara kerja yang efesien, mutu lembaga semakin baik, semangat kerja yang terus meningkat, pengembangan diri yang cukup pesat, dan mampu meningkatkan hasil yang dicapai di setiap tahunya. Capaian tersebut didukung dengan diterapkannya kurikulum terpadu di MAPM. Di samping kurikulum yang telah ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementrian Agama, MAPM juga menerapkan kurikulum yang berciri khas pesantren.

The purpose of this study is to find out how to optimize the facilities and infrastructure management as a support for the learning quality in Islamic High School based on pesantren, namely Madrasah Aliyah Perguruan Mu’allimat (MAPM) Cukir Diwek Jombang. This study uses a qualitative-phenomenological approach. Data collection was carried out using interview, observation, and documentation techniques. The results of the study show that the facilities and infrastructure management at MAPM has been going well, starting from planning which is carried out at the beginning of each new academic year, procurement, maintenance, inventory, and scheduled removal of educational facilities and infrastructure; and the output form of learning productivity at MAPM can be seen from the efficient way of working, the institution quality is getting better, the enthusiasm for work continues to increase, self-development is quite rapid, and is able to improve the academic achievement every year. This achievement is supported by the implementation of an integrated curriculum at MAPM. In addition to the curriculum set by the Ministry of Education and Culture and the Ministry of Religion, MAPM also applies a curriculum that is typical of pesantren.

References

Alda, Alexa. “Pengembangan Mutu Pendidikan Ditinjau dari Segi Sarana dan Prasarana PLPP.” Jurnal Sifa Pendidikan l, no. 1 (2012).

Ananda, Rusydi, dan Oda Kinata. Manajemen Sarana dan Prasarana. Medan: CV. Widya Puspita, 2017.

Asnawi, Sahlan. “Semangat Kerja dan Gaya Kepemimpinan.” Jurnal Psikologi 1, no. 1 (2018).

Basyit, Abdul. “Pengaruh Tingkat Pendidikan.” Junal EMA 5, no. 1 (Juni 2020).

Gunawan, Heri. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung, Alfabeta, 2012.

Habibah, Umi. “Manajemen Program Pengembangan Kurikulum PAI dan Budi Pekerti dalam Menentukan Karakter Religius Siswa, Jurnal Islamic Education 2, no. 1 (Januari 2021).

Hamadi, Hamadi. Manajemen Sumber Daya Manusia Kekepalasekolahan. Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2012.

Maksum, Ali. Metode Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa Universitasy Press, 2018.

Mu’alifah, Siti. “Manajemen Sarana dan Prasarana Pembelajaran Bahasa Arab di MAN 3 Tulungagung.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (2021).

Nasrudin, Nasrudin. “Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Pembelajaran di SD.” Jurnal Manajemen Pendidkan 13, no. 1 (Januari 2018).

Rahmayani, Rahmayani. “Manajmen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Produktivitas Sekolah Dasar.” Jurnall Pendidikan 18, no. 2 (Desember 2020).

Rizki, Hayuning. “Efektivitas dan Efisiensi Kerja Aparatur Sipil Negara.” Jurnal Ilmu Pemerintahan 5, no. 1 (2017).

Sakti, Indra. “Korelasi Pengetahuan Alat Praktikum Fisika dengan Kemampuan Psikomotorik.” Jurnal Exacta 9, no. 11 (t.th).

Sinta, Ike Malaya. “Manajemen Sarana dan Prasarana.” Jurnal Isema 4, no. 1 (Juni 2019).

Stalis, Nusi Nur. “Peran Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMP Islam Cendekia.” Jurnal ISEMA 6, no. 1 (Juni 2021).

Thomas, Partono. “Faktor Determinan Produktivitas Sekolah.” Jurnal Penelitian l, no. 1 (2013).

Wulandari, Ayu. “Sistem Pendidikan Indonesia dalam Peringkatan Mutu Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Edu Research 7, no. 2 (2018).

Published

2022-12-20

How to Cite

Arifin, Z., & Rahmawati, S. (2022). Optimalisasi Manajemen Sarana dan Prasarana sebagai Penunjang Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Berbasis Pesentren. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(2), 218–231. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.3117