GURU SEBAGAI ORANG TUA DALAM HADIS “AKU BAGI KALIAN LAKSANA AYAH”

Authors

  • Amrulloh Amrulloh Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum (Unipdu) Jombang

DOI:

https://doi.org/10.26594/dirasat.v2i1.681

Keywords:

Pendidikan Islam, Kompetensi Afektif, Peran Guru, Hadis Nabi | Islamic Education, Affective Competence, The Role of Teachers, Had?th of the Prophet.

Abstract

Abstrak: Salah satu peran yang dituntut untuk dimainkan oleh guru sebagai pendidik di sekolah adalah peran orang tua, mengingat guru memang adalah orang tua kedua di sekolah. Setidaknya karena itulah dalam sistem pendidikan modern terdapat unsur kompetensi afektif yang harus ada pada diri guru profesional. Guru tidak hanya sekadar mentransfer pengetahuan dari dirinya kepada para peserta didik kemudian bersikap ‘lepas tangan.’ Ini tentu jauh dari idealisme guru profesional. Jauh-jauh hari Rasulullah dalam satu hadis yang berbunyi “aku bagi kalian laksana ayah” telah memberi teladan baik (uswah hasanah) tentang bagaimana guru harus berperan sebagai orang tua dalam setiap proses pendidikan dan pengajaran. Dengan metode deskriptif-analitis serta pendekatan ilmu hadis dan ilmu pendidikan, di sini penulis bermaksud menelusuri otentisitas dan validitas hadis “aku bagi kalian laksana ayah,” mengekspos pemahaman hadis “aku bagi kalian laksana ayah” sebagaimana terdokumentasikan dalam literatur-literatur syarah hadis, dan mengidentifikasi relevansi antara hadis “aku bagi kalian laksana ayah” dan sistem pendidikan modern. Selanjutnya penulis akan membuktikan bahwa peran guru sebagai orang tua kedua peserta didik di sekolah mempunyai dasar yang otentik dan valid sekaligus spesifik dalam hadis Nabi.

Abstract: One of the roles needed to be played by teachers as educators at schools is the role of parents, because indeed teachers are the parents of students at schools. At least that’s why there is an element of affective competencies that must exist in the professional teachers. Teachers don’t just transfer knowledge to students and then leave them alone. It’s certainly far from the ideals of professional teachers. In the 7th century the Prophet in a had?th that says “I’m for you like a father” gave a good example (uswah hasanah) about how teachers should act as parents in every process of education and teaching. Using the descriptive-analytic method and the science of h}ad?th and science of education approach, the Author intends to explore the authenticity and validity of the h}ad?th “I’am to you like a father,” exposing understanding of the tradition of “I’m to you like a father,” as documented in the literature of sharh had?th, and identify the relevance between the h}ad?th “I’am to you like a father” and the modern education system. Furthermore, the Authors will prove that the teachers role as second parents at school has an authentic, valid and specific base in the had?th of the Prophet.

References

Amri, Sofan. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2013.

‘Asqalānī (al), Ibn Hajar. Tahdhīb al-Tahdhīb. India: Matba‘at Dār al-Ma‘ārif al-Nizāmiyyah, 1326 H.

_____. Taqrīb al-Tahdhīb. India: Matba‘at Dār al-Ma‘ārif al-Nizāmiyyah, 1326 H.

Baghawī (al), al-Husayn b. Mas‘ūd. Sharh al-Sunnah. Beirut dan Damaskus: al-Maktab al-Islāmi, 1983.

Bayhaqī (al), Ahmad b. al-Husayn. Al-Sunan al-Kubrā, vol. 1, no. 431 (Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2003).

_____. Ma‘rifat al-Sunan wa-al-Ᾱthār. Karachi: Jāmi‘at al-Dirāsāt al-Islāmiyyah, 1991.

Dārimī (al), ‘Abd Allāh b. ‘Abd al-Rahmān. Al-Sunan. Arab Saudi: Dār al-Mughnī, 2000.

Dhahabī (al), Shams al-Dīn. Al-Kāshif fi Ma‘rifat Man lahu Riwāyah fi al-Kutub al-Sittah. Jedah: Dār al-Qiblah dan Mu’assasat ‘Ulūm al-Qur’ān, 1992.

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Ibn ‘Awānah, Ya‘qūb b. Ishāq. Al-Mustakhraj. Beirut: Dār al-Ma‘rifah, 1998.

Ibn Hanbal, Ahmad. Al-Musnad. Beirut: Mu’assasat al-Risālah, 2001.

Ibn Hibbān, Muhammad. Al-Thiqāt. India: Dā’irat al-Ma‘ārif al-‘Uthmāniyyah, 1973.

‘Ijlī (al), Ahmad b. ‘Abd Allāh. Tārīkh al-Thiqāt. T.tp: Dār al-Bāz, 1984.

Ibn Khuzaymah, Muhammad b. Ishāq. Al-Sahīh. Beirut: al-Maktab al-Islāmī, t.th.

Ibn Ma‘īn, Yahyā. Al-Tārīkh bi-Riwāyat al-Dawrī. Mekah: Markaz al-Bahth al-‘Ilmī wa-Ihyā’ al-Turāth al-‘Arabī, 1979.

Ibn Ma‘īn, Yahyā. Al-Tārīkh bi-Riwāyat Muhriz. Damaskus: Majma‘ al-Lughah al-‘Arabiyyah, 1985.

Ibn Sa‘d, Muhammad. Al-Tabaqāt al-Kubrā Edisi Penyempurnaan Biografi Tabiin dan Generasi-Generasi Berikutnya. Madinah: Maktabat al-‘Ulūm wa-al-Hikam, 1408 H.

Khattābī (al), Hamd b. Muhammad. Ma‘ālim al-Sunan (Sharh Sunan Abī Dāwud). Aleppo: al-Matba‘ah al-‘Ilmiyyah, 1932.

Khayr al-Dīn al-Ziriklī, al-A‘lām. Dār al-‘Ilm li-al-Malāyīn, 2002.

Mizzī (al), Yūsuf b. ‘Abd al-Rahmān. Tahdhīb al-Kamāl fi Asmā’ al-Rijāl. Beirut: Mu’assasat al-Risālah, 1980.

Mubārakfūrī (al), ‘Ubad Allāh al-Rahmānī. Mir‘āt al-Mafātīh Sharh Mishkāt al-Masābīh. India: al-Jāmi‘ah al-Salafiyyah, 1984.

Mulyasa, E. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya, 2013.

Munāwī (al), Muhammad b. Tāj al-‘Ᾱrifīn. Al-Taysīr bi-Sharh al-Jāmi‘ al-Saghīr. Riyad: Maktabat al-Imām al-Shāfi‘ī, 1988.

_____. Fayd al-Qadīr Sharh al-Jāmi‘ al-Saghīr. Mesir: al-Maktabah al-Tijāriyyah al-Kubrā, 1356 H.

Mustaqim. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar bekerja sama dengan UIN Walisongo Semarang, 2001.

Nasā’ī (al), Ahmad b. Shu‘ayb. Al-Sunan. Aleppo: Maktab al-Matbū‘āt al-Islāmiyyah, 1986.

Nawawī (al), Yahyā b. Sharaf. Tahdhīb al-Asmā’ wa-al-Lughāt. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, t.th.

Qādī al-Māristān, Muhammad b. ‘Abd al-Baqī. Al-Mashīkhah al-Kubrā. T.tp: Dār ‘Ᾱlam al-Fawā’id, 1422 H).

Qārī (al), al-Malā ‘Alī. Mirqāt al-Mafātīh Sharh Mishkāt al-Masābīh. Beirut: Dār al-Fikr, 2002.

Qazwīnī (al), Ibn Mājah. Al-Sunan. T.tp: Dār Ihyā’ al-Kutub al-‘Arabiyyah, t.th.

Rāzī (al), ‘Abd al-Rahmān b. Abī Hātim. Al-Jarh wa-al-Ta‘dīl. Beirut: Dār Ihyā’ al-Turāth al-‘Arabī, 1952.

Riyanto, Yatim. Pengembangan Kurikulum dan Seputar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Surabaya: Unesa University Press, 2006.

San‘ānī (al), Muhammad b. Ismā‘īl. Al-Tanwīr Sharh al-Jāmi‘ al-Saghīr. Riyad: Maktabat Dār al-Salām, 2011.

Sarrāj (al), Muhammad b. Ishāq. Al-Hadīth. T.tp: al-Fārūq al-Hadīthah, 2004.

Shāfi‘ī (al), Muhammad b. Idrīs. Al-Musnad. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1400 H.

Sijistānī (al), Abū Dāwud. Al-Sunan. Beirut: al-Maktabah al-‘Asriyyah, t.th.

Sindī (al), Muhammad b. ‘Abd al-Hādī. Kifāyat al-Hājah fi Sharh Sunan Ibn Mājah. Beirut: Dār al-Jayl, t.th.

Tahāwī (al), Ahmad b. Muhammad. Sharh Ma‘ānī al-Āthār. Kairo: ‘Ᾱlam al-Kutub, 1994.

Tim Penyusun. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Published

2016-12-31

How to Cite

Amrulloh, A. (2016). GURU SEBAGAI ORANG TUA DALAM HADIS “AKU BAGI KALIAN LAKSANA AYAH”. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 2(1), 70–91. https://doi.org/10.26594/dirasat.v2i1.681

Issue

Section

Artikel